detikcom Do Your Magic

Lapak Belum Diperbaiki, Pedagang Pasar Kambing Berjualan dengan Payung

Afzal Nur Iman - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 16:15 WIB
Kondisi Pasar Kambing Tanah Abang, Jakarta Pusat usai dua pekan terbakar.  Belum ada lapak, pedagang berjadang dengan kondisi seadanya.
Kondisi Pasar Kambing Tanah Abang, Jakarta Pusat, usai dua pekan terbakar.Belum ada lapak, pedagang berjadang dengan kondisi seadanya. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Dia berharap pasar tersebut cepat diperbaiki agar bisa berdagang dengan lebih baik. "Nggak tahu, belum ada kabar (mulai perbaikan)," katanya.

Pedagang yang lain, Lilis Haryani, mengatakan kini dagangannya sepi. Namun sepinya pasar dipengaruhi oleh pelanggannya yang pulang kampung karena masa pandemi.

"Sekarang ya beda, sekarang kan dagangan sepi, sekarang itu jualan pada susah, jadi pada pulang, pembelinya pulang jadinya sepi," kata Lilis saat di lokasi.

Usai kiosnya terbakar Lilis kini bekerja di tempat orang lain. Dirinya tidak bisa kembali berjualan karena mengaku kehabisan modal saat kiosnya terbakar.

"Orang modalnya nggak punya, kan saya habis-habisan," ceritanya.

Lilis masih menunggu pasar tersebut diperbaiki dan mengumpulkan modal agar bisa berjualan kembali. Dia berharap ada bantuan agar bisa memulai usaha lagi.

"Tadinya saya itu nunggu diperbaiki ya, kalau ada bantuan mau Rp 1.000.0000, Rp 1.500.000, tapi kalau dapat bantuan berapa aja kan bisa buat pulang, bisa buat usaha lagi," ucapnya.

Perumda Pasar Jaya berencana memperbaiki lapak dan kios Pasar Lontar atau dikenal dengan Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Disebut, perbaikan ini akan segera dikerjakan.

"Ada (rencana renovasi). Akan dikerjakan dalam minggu-minggu ini dimulai TPS (tempat penampungan sementara atau lapak)," ucap Dirut Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin saat dihubungi, Rabu (14/4).


(aik/aik)