detikcom Do Your Magic

Garis Polisi Dibuka, Puing Kebakaran Pasar Kambing Dibersihkan

Afzal Nur Iman - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 14:20 WIB
Puing-puing kebakaran Pasar Kambing Tanah Abang telah dibersihkan.
Puing-puing kebakaran Pasar Kambing Tanah Abang telah disingkirkan. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Puing bekas kebakaran di Pasar Lontar alias Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai dibersihkan setelah garis polisi dilepas. Kondisi pasar yang terbakar kini rata dengan tanah.

Pantauan detikcom di lokasi pada Rabu (21/4/2021), pukul 13.30 WIB, kondisi pasar yang sebelumnya terbakar telah rata dengan tanah. Garis polisi yang dulu dipasang seusai kebakaran kini sudah tak ada.

Belum ada lapak-lapak baru bagi pedagang di Pasar Kambing. Pedagang seperti berjualan di pinggir hamparan tanah kosong.

Di pinggir pasar, dinding-dinding semen yang ikut terbakar masih berdiri. Namun lapak-lapak yang berada di tengah pasar sudah tidak terlihat.

Sampah sisa kebakaran masih berada di tanah lokasi pasar. Kayu-kayu yang terbakar dan abu berwarna hitam terlihat hampir di seluruh lokasi pasar yang terbakar. Lahan tersebut juga menjadi tempat berkeliaran kambing-kambing.

Siang ini, kondisi pasar terlihat sepi dari aktivitas jual-beli. Hanya ada 2 lapak yang sedang buka dan 2 lapak yang baru datang dan bersiap menggelar dagangannya. Hampir semua pedagang yang datang siang ini menjual sayuran.

Pedagang tersebut harus berdagang di bawah terik matahari dengan hanya berlindung di bawah tenda yang menyerupai payung. Sesekali juga pedagang tersebut dikunjungi pelanggan di lapaknya.

Untuk lokasi pedagang yang menjual kambing hanya ada satu lapak yang terdampak kebakaran. Di sana juga aktivitas masih terlihat biasa. Pedagang berjualan menjajakan kambing-kambing yang ada di tempat tersebut.

Diketahui, kebakaran di Pasar Kambing terjadi pada Kamis (8/4). Sebanyak 136 lapak dan 40 kios terbakar dalam insiden tersebut.

Perumda Pasar Jaya berencana memperbaiki lapak dan kios Pasar Lontar atau dikenal dengan Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Disebut, perbaikan ini akan segera dikerjakan.

"Ada (rencana renovasi). Akan dikerjakan dalam minggu-minggu ini dimulai TPS (tempat penampungan sementara atau lapak)," ucap Dirut Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin saat dihubungi, Rabu (14/4).

Puing-puing kebakaran Pasar Kambing Tanah Abang telah dibersihkan.Puing-puing kebakaran Pasar Kambing Tanah Abang telah disingkirkan. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Simak video 'Pasar Kambing Terbakar: 136 Lapak Ludes, Miliaran Rupiah Melayang':

[Gambas:Video 20detik]

(aik/aik)