detikcom Do Your Magic

Lapak Belum Diperbaiki, Pedagang Pasar Kambing Berjualan dengan Payung

Afzal Nur Iman - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 16:15 WIB
Kondisi Pasar Kambing Tanah Abang, Jakarta Pusat usai dua pekan terbakar.  Belum ada lapak, pedagang berjadang dengan kondisi seadanya.
Kondisi Pasar Kambing Tanah Abang, Jakarta Pusat, usai dua pekan terbakar.Belum ada lapak, pedagang berjadang dengan kondisi seadanya. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Hampir dua pekan Pasar Lontar atau Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus), terbakar. Lapak pengganti masih belum ada, sehingga para pedagang menata jualannya dengan seadanya.

Pantauan di lokasi, Rabu (21/4/2021), terlihat pedagang baru mulai berdatangan sekitar pukul 14.30 WIB. Hampir seluruh pedagang menggunakan payung besar yang dibeli sendiri agar terhindar dari panas matahari.

Di bawah payung besar, meja seadanya jadi tempat untuk menata barang jualan, yang umumnya sayur-mayur. Mereka berjualan di pinggir jalan, bukan di lokasi pasar yang kini sudah seperti lapangan.

Sekitar pukul 15.30 WIB, orang-orang baru mulai berdatangan ke pasar tersebut. Tampak aktivitas jual-beli di pasar mulai ramai.

Tidak ada lapak menjadi kendala bagi pedagang. Mereka mengaku dagangannya menjadi cepat busuk.

"Iya banyak pada cepat busuk. Ya karena air hujan kena sayuran, (jadi) pada busuk," kata salah satu pedagang bernama Dani Ramdani saat ditemui di lokasi pada Rabu (21/4/2021).

Pedagang Pasar Kambing, Dani Ramdani .Pedagang Pasar Kambing, Dani Ramdani (Afzal Nur Iman/detikcom)

Payung tersebut tidak bisa melindungi dagangan dari hujan atau terik matahari ketika siang.

"Iya panas kepanasan hujan ya kehujanan," kata Dani.

Siang ini Dani baru membuka lapak dagangannya sekitar pukul 14.30 WIB. Siang ini cuaca di pasar tersebut sangat cerah. Jika hujan, Dani harus melindungi dagangannya dengan terpal agar sayurannya tidak cepat busuk.

Masalah pembeli, menurutnya, ada saja pelanggan yang datang untuk membeli sayur di lapaknya.

"Ya gini, agak berkurang sih, pelanggan sih ada aja," ujarnya.