Kenalkan Para Kartini MA, Ada yang Menghukum Mati Jagal 7 Nyawa

Andi Saputra - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 13:15 WIB
Hakim Agung Sri Murwahyuni
Hakim agung Sri Murwahyuni (ari saputra/detikcom)
Jakarta -

Bila Kartini masih hidup, mungkin dia tersenyum karena perempuan kini sudah banyak menduduki jabatan penting di negeri ini. Salah satunya ada lima hakim agung yang kini memegang palu dan mengadili berbagai kasus. Siapa saja dia?

Berdasarkan catatan detikcom, Rabu (21/4/2021), saat ini ada lima hakim agung yaitu Sri Murwahyuni, Nurul Elmiyah, Desnayeti, Maria Anna Samiyati dan Rahmi Mulyati. Di jajaran hakim agung perempuan, Sri merupakan yang paling senior.

Sri menjadi hakim agung sejak dilantik pada 23 November 2010 di usia 58 tahun. Ayahnya merupakan petani yang juga kepala desa di Magetan, Jawa Timur.

Selepas kuliah di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Sri mendaftar jadi hakim. Pada 1983, ia mulai memegang palu dengan penempatan pertama kali di Pandeglang. Kariernya terus bergulir hingga lolos seleksi KY-DPR pada 2010 hingga memakai toga emas.

Putusan Sri yang menghiasi media massa terakhir adalah saat ia menolak PK Yulianto dan tetap menghukum mati Yulianto. Di mana Yulianto adalah jagal 7 nyawa yang dibunuh secara berseri pada 2002-2010. Korban terakhir adalah anggota Kopassus, Kopda Santoso.

Sri juga menghukum mati dukun pengganda uang dari Batang, Muslimin. Sebab Muslimin membunuh 3 korbannya secara keji dan berseri.

Saat ini, Sri menjadi anggota majelis PK atas terpidana korupsi Setya Novanto. Mantan Ketua DPR/Ketum Parpol Golkar itu tidak terima dihukum di kasus korupsi e-KTP.

Lalu siapa empat hakim agung lainnya? Simak halaman selanjutnya.

Tonton juga Video: Sosok Berhati Lembut di Balik Aneka Satwa Aquarium Jakarta & Safari

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3