Kadis Damkar Jawab Kritik Keras soal Penanganan Kebakaran di Jakbar

Tiara Aliya Azahra - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 11:29 WIB
Kasudin Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, Satriadi Gunawan
Satriadi Gunawan (Eva Safitri/detikcom)

Sebelumnya, NasDem DKI Jakarta menyoroti penanganan kebakaran di Keagungan, Taman Sari, Jakarta Barat (Jakbar). NasDem mengatakan jika Pemprov DKI tidak maksimal memberikan bantuan kepada korban kebakaran itu merupakan dosa besar.

"Masih tidak memadai gitu loh (pengungsian), apalagi di masa pandemi ini ditambah bulan puasa ini cobaan yang luar biasa bagi masyarakat Keagungan yang terkena musibah ini. Jika pemerintah seakan tidak maksimal dalam memberikan bantuan ini benar-benar dosa yang besar menurut saya," kata Bendahara Fraksi NasDem DKI Jakarta, Ahmad Lukman Jupiter, kepada wartawan, Selasa (20/4/2021).

Jupiter mengatakan dia berada di lokasi saat malam kebakaran itu untuk memantau proses pemadaman. Dia menyoroti kinerja pemadam kebakaran.

Lebih lanjut, Jupiter menyoroti kinerja pemadam kebakaran yang dinilai kurang tepat dalam penanganan. Jupiter menyebut mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi tanpa membawa air.

"Justru ini harus dievaluasi dinas pemadam kebakaran ini, kepala dinas khususnya, yang saya heran bahkan di situ warga kecewa dan teriak-teriak, bayangkan saja mobil pemadam kebakaran itu tidak membawa air. Jadi mereka datang tidak membawa air, lantas mereka datang mau ngapain coba, buat macet-macetan aja. Seharusnya ada persiapan dari dinas pemadam kebakaran datang kemudian air yang sudah dibawa untuk melakukan pemadaman. Jadi sehingga bisa mempercepat pemadaman. Makanya pemadaman itu kan waktu jam setengah 9 malam itu sampai setengah 1 saya berada di lokasi belum padam, makanya banyak yang kebakar," kata dia.

Jupiter mengatakan anggaran untuk dinas pemadaman kebakaran setiap tahunnya terbilang besar. Dia meminta agar dinas terkait untuk memaksimalkan penggunaan anggaran itu.

Halaman

(lir/lir)