Kadis Damkar Jawab Kritik Keras soal Penanganan Kebakaran di Jakbar

Tiara Aliya Azahra - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 11:29 WIB
Kasudin Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, Satriadi Gunawan
Satriadi Gunawan (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Anggota DPRD DKI Jakarta, Ahmad Lukman Jupiter mengkritik penanganan kebakaran di Keagungan, Tamansari, Jakarta Barat. Jupiter menyebut mobil damkar tak membawa air saat datang ke lokasi. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menepis pernyataan ini.

"Nggak mungkin lah, di dunia ini kalau mobil itu nggak isi air nggak mungkin, karena itu salah satu peluru yang kita bawa untuk melakukan pemadaman," kata Kepala Dinas Gulkarmat Satriadi Gunawan saat dihubungi, Rabu (21/4/2021).

Satriadi menegaskan setiap unit mobil damkar yang diturunkan ke lapangan pasti telah terisi air. Menurutnya, hal ini bagian dari standard operating procedure (SOP). Dia pun mempertanyakan ucapan Bendahara Fraksi NasDem itu.

"Buktikan saja. Pembuktiannya apa gitu maksudnya? Itu kan harus ada pembuktiannya. Maksud saya, nggak mungkin, SOP dari kami kan semua itu pasti terisi oleh air," tegasnya.

Kendati demikian, Satriadi tak menampik jika mobil damkar memiliki kapasitas keterisian air yang variatif. Jika air sudah habis, personel damkar harus segera mencari sumber air terdekat atau di-backup dengan unit lainnya.

"Kalau ada batasnya iya, mobil pemadam yang kita bawa itu nggak nonstop keluar terus airnya, tergantung kapasitas airnya. Kalau unit kecil yang bisa masuk jalan kecil 2.500 (liter), terus satu lagi ada yang 4.000, ada yang 10 ribu, tergantung ininya," ucapnya.

Simak kritik NasDem pada halaman selanjutnya.

Simak Video: Kebakaran di Kembangan Jakbar, Diduga dari Bakaran Serbuk Kayu

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2