Hari Kartini, Kasum TNI Bicara Tantangan bagi Prajurit Wanita

Rahmat Fathan - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 10:02 WIB
Kasum TNI pimpin apel peringatan hari Kartini di Mabes TNI, Cilangkap, Jaktim.
Kasum TNI memimpin apel peringatan hari Kartini. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Mabes TNI menggelar apel bersama wanita TNI dalam rangka peringatan Hari Kartini 2021. Total 240 prajurit wanita TNI dan 25 perwakilan dari PNS wanita mengikuti apel bersama ini.

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Ganip Warsito menjadi inspektur apel bersama ini. Dalam amanatnya, Letjen Ganip menyoroti sejumlah tantangan bagi prajurit wanita.

"Tantangan ke depan akan semakin kompleks. Kompleksitas tersebut membutuhkan kemampuan kita semua untuk beradaptasi agar tidak tergerus perubahan," ujar Ganip di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (21/4/2021).

Selain itu, dia menyoroti kemajuan teknologi yang menjadi paradoks. Menurut Ganip, kemajuan teknologi menjadi paradoks lantaran adanya dua sisi yang dihasilkan.

"Kemajuan teknologi membawa berbagai paradoks. Contoh paling mudah adalah teknologi komunikasi dengan media sosial dan internetnya yang digunakan untuk berbagai kegiatan positif, tetapi juga kejahatan lintas negara radikalisme dan terorisme," ucapnya.

Dia lantas berpesan agar prajurit wanita terus membina diri dan melakukan peningkatan kemampuan. Terlebih, para prajurit wanita juga berperan sebagai ibu rumah tangga.

"Sebuah peran yang tidak kalah penting karena merupakan peran untuk menyiapkan generasi masa depan penerus bangsa," kata Ganip.

Selanjutnya, dia menyampaikan arahan dan bekal dalam penugasan terhadap prajurit wanita pada momentum Hari Kartini ini. Pertama, Ganip meminta para prajurit wanita senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan.

"Kedua, laksanakan tugas dengan profesional, terus tingkatkan kemampuan dan perluas wawasan sebagai prajurit maupun sebagai anggota masyarakat. Ketiga, perkokoh pemanunggalan TNI dan rakyat serta semangat sinergi dengan berbagai komponen bangsa sehingga persatuan dan kesatuan bangsa terpelihara untuk mewujudkan Indonesia maju," kata dia.

Lihat juga Video: Rayakan Hari Kartini, Erick Thohir Kenang Pesan Sang Ibu

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)