Jika Paspor Dicabut, Apa Dampak Bagi Jozeph Paul Zhang?

ADVERTISEMENT

Jika Paspor Dicabut, Apa Dampak Bagi Jozeph Paul Zhang?

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 07:47 WIB
Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana dalam diskusi Warga Tanpa Warga Negara di kantor Para Syndicate, Jakarta, Jumat (19/8/2016)
Hikmahanto (Foto: Ari Saputra)

Hikmahanto juga menjelaskan cara kedua untuk menangkap Jozeph yakni bekerja sama dengan Interpol.

"Nah cara yang kedua kerja sama Interpol. Bukan ekstradisi tapi ini police to police. Biasanya antar polisi itu mereka mau saling membantu. Kalau misalnya sudah di-red notice yang bersangkutan bisa ditangkap oleh otoritas Jerman lalu kemudian di-hang over ke otoritas Indonesia untuk menghadapi proses hukum," jelas dia.

Lebih lanjut, Hikmahanto tak bisa menebak berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menangkap Jozeph. Dia menyebut pelacakan Jozeph bisa dilakukan dengan cara menghubungi WNI yang pernah berkomunikasi dengan Jozeph di Jerman.

"Kalau berapa lama kan susah, karena kalau cuma ditarik paspornya bisa hari ini juga. Kalau berapa lama bergantung seberapa cepat di Jozeph Zhang ini bisa ditemukan. Jerman itu kan luas kayak Indonesia. Dan nggak mungkin otoritas di Jerman itu mencari satu orang itu mengubek-ubek seluruh Jerman nggak mungkin, karena itu kan biaya uang rakyat Jerman," kata dia.

"Tapi yang penting adalah kita punya atase kepolisian di Jerman, atase kepolisian ini berkoordinasilah dengan otoritas di Jerman, bahkan bisa juga informasi keberadaan dia itu dicari tahu melalui masyarakat Indonesia yang ada di Jerman mungkin dia ada tinggal di situ sehingga bisa dikasih tahu ke Polisi Jerman, Polisi Jerman yang melakukan penggeledahan, penangkapan, bukan polisi Indonesia," lanjutnya.

Untuk diketahui, Polri berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Kemenkum HAM untuk mencabut paspor Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoelyono. Jika paspornya sudah dicabut, Jozeph Paul Zhang bakal dideportasi.

"Untuk JPZ aliass SPS sementara ini kan masih pemegang Paspor Indonesia, nanti akan dideportasi juga kalau paspornya dicabut. Kita sedang upayakan koordinasikan dengan Imigrasi untuk cabut paspor yang bersangkutan," kata Kabareskrim Komjen Agus Andrianto kepada detikcom, Selasa (20/4).


(lir/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT