Round-Up

Siapa Merapat dan Terdepak saat Kabar Reshuffle di Depan Mata

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 06:03 WIB
Poster
Gambar ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Isu reshuffle kabinet terus berembus meski masih penuh tanda tanya. Ada orang-orang yang dikabarkan merapat ke kabinet, ada pula yang dirumorkan bakal terdepak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom hingga Rabu (21/4/2021), berikut adalah orang yang dikabarkan merapat dan menteri yang dikabarkan terdepak dari kabinet.

Dikabarkan merapat

1. Bahlil Lahadalia

Bahlil memang bukan orang baru di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini. Dia adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Namun kini ada pembentukan kementerian baru, yakni Kementerian Investasi. Kabarnya, Bahlil akan menjadi Menteri Investasi.

"Kepala Badan Kooridnasi Penanaman Modal Pak Bahlil Lahadalia, kita tahu track record beliau bekerja selama satu tahun ini dan kinerjanya yang luar biasa, saya meyakini beliau akan dilantik kembali menajadi Menteri Investasi," kata Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, Rabu (14/4) pekan lalu.

Kepala BKPM Bahlil LahadaliaKepala BKPM Bahlil Lahadalia Foto: Mohammad Wildan/20detik

2. Muhammad Rapsel Ali

Belakangan, nama Rapsel sering terdengar. Menantu Wakil Presiden Ma'ruf Amin ini dikabarkan bakal menjadi Menteri Investasi juga. Dia sudah dipanggil Presiden Jokowi pada Rabu (14/4) pekan lalu. Namun dia mengaku tidak ada pembicaraan spesifik soal Kementerian Investasi pada kesempatan itu.

"Nggak spesifik sih. Ya alhamdulillah. Saya nggak berani melampaui," kata Rapsel saat dikonfirmasi dirinya ditawari posisi di Kementerian Investasi, Jumat (16/4) lalu.

3. Witjaksono

Masih di isu yang sama, yakni Menteri Investasi, ada nama lain lagi yang juga dikabarkan bakal duduk di kursi kementerina baru itu. Namanya adalah Witjaksono, tokoh muda NU yang menjadi Ketua Umum Serikat Nelayan NU. Dia dipanggil oleh Jokowi yang disebutnya sebagai 'Pakde'. Dia sempat menyebut restu kiai.

"Intinya kita sudah dapat restu untuk bisa jadi tokoh nasional," ujar Witjaksono saat dihubungi detikcom, Senin (19/4) kemarin.

WitjaksonoWitjaksono Foto: Instagram @maswitjaksono

4. Abdul Mu'ti

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah ini dikabarkan bakal menjadi Menteri Pendidikan menggantikan Nadiem Makarim. Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Sunanto, menjagokan dia memperbaiki pendidikan di Indonesia. Namun Mu'ti tidak menanggapi berlebihan.

"Menteri itu hak prerogatif Pak Presiden. Saya tidak mau berandai-andai," kata Mu'ti kepada detikcom, Rabu (14/4) pekan lalu.

Sekjen PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti di Kudus, Minggu (26/5/2019).Sekjen PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti di Kudus, Minggu (26/5/2019). Foto: Akrom Hazami/detikcom

5. Orang-orang PAN

PAN, partai yang selama ini dikenal sebagai satu dari sedikit partai oposisi, dikabarkan merapat ke pemerintahan. Ada sejumlah nama elite PAN yang diisukan bakal menjadi menteri.

"Jadi, jika ada berbagai macam analisis dari para pakar mengenai bakal masuknya PAN di kabinet Jokowi reshuffle jilid II ini ataupun ada penilaian dari tim kabinet Jokowi, ketika melihat mungkin PAN ranking-nya tinggi, skornya memenuhi untuk masuk kabinet Jokowi, maka itu sebuah apresiasi. Itu semua compliment yang kita apresiasi setinggi-tingginya," kata Mumtaz kepada detikcom, Jumat (16/4) lalu.

PAN dikabarkan berpotensi mendapat jatah Menko Bidan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) atau Menteri Perhubungan (Menhub). Berikut nama-nama dari PAN yang diisukan bakal masuk kabinet Jokowi:

- Sekjen PAN Eddy Soeparno
- Asman Abnur
- Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

Selanjutnya, yang dikabarkan terdepak:

Lihat Video: Tiga Langkah PAN Jika Ditawari Masuk Kabinet Jokowi

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2