Bambang Brodjonegoro Ikut Sidang Kabinet Meski Sudah Pamit dari Menristek

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 15:11 WIB
Bambang Brodjonegoro (pertama dari kiri)/Andhika-dBambang Brodjonegoro (pertama dari kiri)/ BPMI Setpres
Bambang Brodjonegoro (pertama dari kiri) (BPMI Setpres)
Jakarta -

Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro sudah berpamitan setelah kementeriannya dilebur dengan Kemendikbud. Tetapi Bambang kini masih menghadiri sidang kabinet paripurna di Istana.

Sidang kabinet paripurna hari ini mengambil topik Dewan Energi Nasional. Bambang dan Menteri ESDM Arifin Tasrif hadir memberikan pernyataan seusai rapat.

"Kemenristek/BRIN mencanangkan beberapa kegiatan energi baru terbarukan dalam prioritas riset nasional di tahun 2020-2024. Targetnya di tahun 2024 kita bisa mendapatkan peningkatan dari energi baru terbarukan," ujar Bambang dalam siaran di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/4/2021).

Ada lima kegiatan utama Kemenristek/BRIN mengenai energi baru terbarukan. Salah satunya soal baterai listrik.

"Kita mengembangkan baterai litium dan fast charging untuk keperluan kendaraan listrik demikian juga battery swapping technology dengan harapan begitu kendaraan listrik dipromosikan sebagai komitmen kita mengurangi emisi maka teknologi sudah siap pakai bisa dikembangkan di Indonesia," ujar Bambang.

Pada kesempatan sebelumnya, Bambang sudah berpamitan dari posisinya sebagai Menristek. Hal itu disampaikan Bambang pada 9 April 2021.

"Kunjungan daerah pertama saya sebagai Menristek itu adalah ke Unhas, kunjungan daerah maksudnya. Waktu itu saya membuka joint working group meeting Indonesia-Prancis dalam bidang penelitian didampingi Rektor, dan hari ini mungkin akan kunjungan saya terakhir ke daerah sebagai Menristek," kata Bambang saat meresmikan Science Techno Park Universitas Hasanuddin, Jumat (9/4).

Bambang menjabat Menristek/Kepala BRIN sejak 20 Oktober 2019. Sebelumnya, ia menjabat Menteri PPN/Kepala Bappenas sejak 27 Juli 2016 sampai 20 Oktober 2019. Ia juga pernah menjabat Menteri Keuangan periode 27 Oktober 2014-27 Juli 2016. Dengan demikian, jabatan Bambang telah berganti sebanyak tiga kali selama pemerintahan Jokowi.

BRIN Bakal Berdiri Sendiri

Sebelum dilebur, Kemenristek merupakan instansi yang tergabung dengan BRIN sejak Oktober 2019. Dengan peleburan itu, kata Bambang, nantinya BRIN akan berdiri sebagai satu badan sendiri.

"Artinya kan Kemenristeknya digabung ke Dikbud, kemudian BRIN menjadi badan tersendiri," kata Bambang.

Ia mengatakan, dengan peleburan ini, BRIN akan berdiri seperti Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kemenristek ya nggak ada, bergabung ke Dikbud. (BRIN) akan menjadi lembaga seperti BKPM, BNPB," ungkap dia.

(dkp/haf)