Round-Up

Bisa-bisanya Pendeta Paniel Jual Senpi Rp 1 M ke KKB Nduga

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 03:00 WIB
Satgas Nemangkawi menangkap Paniel Kogoya sesorang yang diduga menjadi penyandang dana kepada KKB Papua guna membeli senpi (dok Satgas Nemangkawi)
Foto: Satgas Nemangkawi menangkap Paniel Kogoya sesorang yang diduga menjadi penyandang dana kepada KKB Papua guna membeli senpi (dok Satgas Nemangkawi)

Kegiatan suplai senjata ke KKB di Nduga pun terus berlanjut. Diduga Paniel memulai tindakan ilegalnya sejak 2018 silam. Kelompok Egianus Kogoya rutin mendatangi Pendeta Paniel Kogoya untuk menanyakan ketersediaan senpi.

"Setelah satu minggu kemudian, GG kembali menghubungi PK alias Peni untuk mencari senpi dan dijawab ada satu pucuk senjata SS1 lipat dengan seharga Rp 230 juta dan senjata tersebut dibeli oleh GG," kata Iqbal.

Iqbal mengungkapkan DC saat ini berstatus narapidana di Lapas Klas II Nabire. Iqbal menegaskan Paniel dijerat Pasal 1 ayat (1) UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 juncto Pasal 55 KUHPidana.

Paniel saat ini ditahan di Polres Nabire untuk diperiksa lebih lanjut. Atas perbuatannya, dia terancam hukuman 10 tahun penjara.

Halaman

(jbr/man)