Reshuffle Kabinet Diumumkan Besok Rabu 21 April?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 13:21 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi reshuffle kabinet (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)

Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabali angkat bicara. Ngabalin meyakini reshuffle akan diumumkan tak lama lagi, meski pernyataannya yang menyebut reshuffle dilakukan pekan kemarin meleset.

"Tunggu aja, sebentar lagi. Nggak lama lagi, insyaallah," kata Ngabalin saat dihubungi, Selasa (20/4/2021).

Terkait anggota kabinet yang di-reshuffle, informasi yang diterima detikcom, Senin (19/4/2021), ada enam menteri yang sedang dikaji untuk di-reshuffle. Selain itu, ada satu kepala badan yang sedang dipertimbangkan Jokowi untuk diganti.

Enam posisi menteri tersebut termasuk posisi puncak di Kemendikbud-Ristek dan Kementerian Investasi. Namun soal nama-nama yang dipertimbangkan untuk diganti masih samar.

Soal kandidat menteri baru, sejauh ini ada dua orang yang secara terbuka mengakui dipanggil Istana di tengah isu reshuffle, yaitu anggota DPR Fraksi NasDem Rapsel Ali dan tokoh muda NU Witjaksono. Keduanya dikabarkan menjadi kandidat Menteri Investasi. Namun berembus juga kabar Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menjadi salah seorang kandidat.

Selain itu, seperti yang sudah diketahui, elite PKB Luqman Hakim, partai koalisi pemerintah, menyebut menteri yang bakal di-reshuffle berinisial M. Setidaknya ada empat anggota kabinet yang inisialnya M, yakni Menko Polhukam Mahfud Md, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

Kemudian spekulasi PAN masuk koalisi. Spekulasi ini sejalan dengan informasi inisial anggota kabinet yang akan di-reshuffle. PAN disebut akan mengisi pos Menko PMK atau Menteri Perhubungan (Menhub). Menko PMK kini dijabat Muhadjir Effendy, sedangkan Menhub diemban Budi Karya Sumadi.

Halaman

(zak/fjp)