Round-Up

Menjelang Rabu Pahing Bisik-bisik Reshuffle Kabinet Makin Kencang

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 06:59 WIB
Reshuffle Kabinet
Gambar iilustrasi Presiden Jokowi memikirkan reshuffle kabinet. (Ilustrasi: Luthfy Syahban/detikcom)

Rabu Pahing?

Dari catatan kebiasaan eksekusi reshuffle, ada dua hari pilihan Jokowi yakni Rabu Pahing atau Rabu Pon. Lima kali reshuffle kabinet Jokowi dilakukan, tiga reshuffle dilakukan pada Rabu Pon dan dua reshuffle dilakukan pada Rabu Pahing.

Empat reshuffle dilakukan Jokowi pada pemerintahan pertamanya, yakni periode 2014-2019. Kala itu, tepat pada Rabu Pon, 12 Agustus 2015, Jokowi me-reshuffle Kabinet Kerja.

Reshuffle kabinet kedua juga dilakukan pada Rabu Pon, tepatnya pada 27 Juli 2016. Anies Baswedan, yang saat itu merupakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, kena reshuffle dan meninggalkan kabinet. Anies kemudian digantikan oleh Muhadjir Effendy.

Setahun sesudahnya, Jokowi kembali melakukan reshuffle kabinet. Kali ini, reshuffle kembali dilakukan pada Rabu Pahing, 15 Agustus 2018.

Pada 2019, Jokowi terpilih lagi. Setahun lebih memimpin, Jokowi kembali melakukan reshuffle kabinetnya. Saat itu, Jokowi memperkenalkan 6 menteri barunya pada 22 Desember 2020 yang jatuh pada Selasa Pahing.

Sementara pelantikan para menteri baru Kabinet Indonesia Maju itu dilakukan, lagi-lagi, pada Rabu Pon, 23 Desember 2020. Sebenarnya ada juga pelantikan menteri baru di luar hari Rabu, hanya saja Rabu Pahing atau Rabu Pon sudah kadung ikonik.

"Soal hari apa, mungkin menurut pendekatan spiritual tertentu perlu mempertimbangkan nama hari, misalkan Rabu seperti yang menjadi kebiasaan Pak Jokowi selama ini," kata elite PKB Luqman Hakim kepada wartawan, Senin (19/4) kemarin.

Namun, menurut Luqman, yang lebih penting lagi adalah segera adanya kepastian soal reshuffle. Sebab, Luqman menyebut, rencana reshuffle kabinet ini akan berdampak pada kinerja menteri.

Halaman

(dnu/dnu)