Polisi Ungkap Jeff Smith Pertama Kali Pakai Ganja Usai Lulus SMA

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 14:46 WIB
Jakarta -

Polisi mengungkap artis sinetron Jeff Smith sudah lama mengkonsumsi ganja. Jeff Smith mulai memakai ganja sejak lulus SMA.

"Yang bersangkutan (Jeff Smith) mulai menggunakan ganja pada saat setelah selesai SMA," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo dalam konferensi persnya, Senin (19/4/2021).

Akibat ketergantungan pada ganja itu, Jeff Smith juga pernah direhabilitasi.

"Pernah dilakukan rehab pada Desember 2020," ujarnya.

Kendati begitu, Ady menjelaskan rehabilitasi yang dijalani pada Desember 2020 itu bukan karena tertangkap polisi dalam kasus narkoba. Menurut dia, Jeff Smith atas kemauannya sendiri menjalani rehabilitasi.

"Rehab biasa, mengajukan sendiri. Bukan dalam konteks tertangkap," ucapnya.

Selanjutnya, Ady juga menanggapi ihwal kemungkinan Jeff akan kembali direhabilitasi terkait kasus narkoba yang kini ini menjeratnya. Ady menyampaikan, pihaknya akan berkonsultasi terlebih dahulu.

"Yang pasti kasusnya akan kita lanjutkan, kita akan konsultasikan ke tim asesmen karena menang ada beberapa aturan sebelum rehab," kata Ady.

Sebelumnya, polisi menangkap Jeff Smith pada Kamis (15/4) sekitar pukul 03.00 WIB di Jagakarsa, Jakarta Selatan terkait kasus penyalahgunaan narkotika. Dalam penangkapan itu, polisi menyita sejumlah alat bukti.

"Dari penangkapan itu dilakukan penggeledahan dan diamankan barang bukti 1 plastik klip kecil narkotika ganja 0,52 gram. Kemudian 1 plastik isi tembakau berat 44 gram di tas ransel. Ada dua botol likuid diduga ganja sintetis," tutur Ady.

Polisi juga menyita 6 lembar kertas papir, 2 cangklong atau alat pengisap tembakau, dan 4 buah buku soal ganja. Mobil milik Jeff, tempat ditemukannya narkoba, pun disita.

Atas perbuatannya, Jeff Smith dijerat pasal terkait penyalahgunaan narkotika, yaitu Pasal 111 ayat 1 dan Pasal 127 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

(mea/mea)