Round-Up

Menanti Kabar Reshuffle Kabinet Jilid 2 oleh Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 05:38 WIB
Ilustrasi Reshuffle Kabinet Jokowi
Foto: Ilustrasi reshuffle kabinet (Ilustrator Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Pengumuman reshuffle Kabinet Indonesia Maju jilid 2 masih dinanti seantero Tanah Air. Prediksi awal reshuffle akan diumumkan pekan lalu meleset.

Hingga Minggu (18/4/2021), Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak jua mengumumkan reshuffle. Yang muncul ke permukaan hanya informasi dan prediksi.

Isu reshuffle jilid 2 muncul usai DPR menyetujui penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Investasi dan Teknologi (Kemenristek). Selain penggabungan Kemendikbud dan Kemenristek, pemerintah juga akan membentuk Kementerian Investasi.

Isu yang muncul kemudian adalah reshuffle Nadiem Makarim dari posisi Mendikbud. Sebab, Bambang Brodjonegoro memutuskan mengundurkan diri dari posisi Menristek.

Nama Sekretaris Umum (Sekum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu'ti diyakini layak menggantikan Nadiem. Itu pun kalau Nadiem benar-benar masuk 'kotak'.

Perihal spekulasi reshuffle Nadiem, juru bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman. Tapi, itu pun tidak menjawab spekulasi yang muncul.

"Kita tidak tahu kapan Presiden akan mengisi kedua kementerian ini, yang satu pembentukan baru Kementerian Investasi, yang kedua istilahnya pengubahan apakah tetap Pak Nadiem atau ada yang lain, yang tahu hanya Presiden Joko Widodo dan Allah SWT," kata Fadjroel, melalui video yang diunggah di Instagram, Sabtu (17/4/2021).

Nah, untuk Kementerian Investasi, nama yang muncul adalah Muhammad Rapsel Ali. Rapsel merupakan anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem.

Rapsel juga sudah menghadap Presiden Jokowi pekan lalu, tepatnya pada 14 April. Namun, tak ada pembicaraan spesifik mengenai reshuffle. Yang dibahas, menurut pengakuan Rapsel, mengenai tim balap Mandalika.

Simak juga video 'Tiga Langkah PAN Jika Ditawari Masuk Kabinet Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



Terkait isu Rapsel ini, NasDem juga sudah merespons. Baca di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2