Apa Kabar Reshuffle Kabinet?

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 18 Apr 2021 13:00 WIB
Ilustrasi Reshuffle Kabinet Jokowi
Ilustrasi Reshuffle (Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta -

Kocok ulang atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang sebelumnya didengungkan belum juga diumumkan. Reshuffle awalnya diyakini akan diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan ini.

Sejumlah informasi dan prediksi menguap ke publik perihal reshuffle jilid II. Dari inisial anggota kabinet yang bakal di-reshuffle hingga partai oposisi yang diyakini bakal dirangkul menjadi koalisi.

Informasi yang menguatkan isu reshuffle awalnya disampaikan Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin. Ngabalin awalnya yakin reshuffle akan diumumkan Presiden Jokowi pekan ini.

Namun, hingga mendekati akhir pekan, reshuffle tak juga diumumkan. Kabarnya, menurut Ngabalin, ada yang masih ditunggu oleh Presiden Jokowi yakni selesainya Keppres terkait nomenklatur kementerian baru.

"Konsekuensi dari penggabungan dua kementerian itu maka penataan ulang kelembagaan. (Lewat apa) karena nomenklaturnya beda akibat dari penggabungan. Begitu demikian halnya dengan BKPM. Itu pun dibentuk baru jadi penataan kelembagaan itu tentu membutuhkan waktu," kata Ngabalin kepada wartawan, Jumat (16/4/2021).

Adapun dua kementerian yang digabung, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Penggabungan dua kementerian itu dilakukan, karena pemerintah ingin membantu Kementerian Investasi.

Penggabungan Kemendikbud dan Kemenristek memunculkan spekulasi penggantian Nadiem Makarin dari kursi Mendikbud. Jubir Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, menjawab isu Nadiem di-reshuffle.

Nah, sosok yang dinilai pantas mengisi jabatan Mendikbud, Riset, dan Teknologi adalah Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti.

"Kita tidak tahu kapan Presiden akan mengisi kedua kementerian ini, yang satu pembentukan baru Kementerian Investasi, yang kedua istilahnya pengubahan apakah tetap Pak Nadiem atau ada yang lain, yang tahu hanya Presiden Joko Widodo dan Allah SWT," sebut Fadjroel lewat siaran langsung di Instagram pribadinya pada Jumat (16/4).

Lalu siapa yang bakal mengisi jabatan menteri investasi? Ada satu nama yang disebut-sebut, yakni Muhammad Rapsel Ali. Rapsel merupakan kader NasDem.

Rapsel adalah menantu Wapres Ma'ruf Amin. Namun, berdasarkan informasi yang didapat, nama Rapsel Ali tak berdiri sendiri sebagai calon menteri investasi.

Sebelum itu, lebih dulu muncul informasi perihal inisial anggota kabinet yang akan di-reshuffle. Selain itu, ada prediksi yang menyebut PAN akan ditarik masuk koalisi.

Baca di halaman berikutnya.

Simak video '3 Kriteria Menteri yang 'Haram' Direshuffle Kata Pengamat Politik':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2