BPIP Susun Peta Jalan Pembinaan Ideologi Pancasila untuk ASN

Antara - detikNews
Minggu, 18 Apr 2021 10:29 WIB
Jakarta-Indonesia, civil servants within the TNI AU attend the flag ceremony to commemorate the 71th anniversary of the Air Force.
Ilustrasi ASN (Getty Images/Yamtono_Sardi)
Jakarta -

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyusun peta jalan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) bagi aparatur sipil negara (ASN). Peta ini juga untuk memetakan pola, bentuk dan sumber terbentuknya perilaku menyimpang ASN dari dari nilai-nilai Pancasila.

Penyusunan PIP dibahas melalui diskusi yang dilaksanakan Direktorat Standardisasi Materi dan Metode Aparatur Negara Kedeputian Pengkajian dan Materi BPIP. BPIP menampung masukan terkait hal ini.

"Tujuannya untuk mendapatkan masukan terkait proyek perubahan yang dilakukan BPIP melalui penyusunan peta jalan PIP bagi ASN atau pandu ASN," kata Direktur Standardisasi Materi dan Metode Aparatur Negara (SMMAN) BPIP Aris Heru Utomo seperti dilansir Antara, Minggu (18/4/2021).

Dia berharap nantinya bisa dipetakan pula pola, bentuk, dan sumber terbentuknya perilaku menyimpang dari nilai-nilai Pancasila di kalangan ASN. BPIP ingin ASN mempunyai panduan dalam menjawab tantangan di era disrupsi.

"ASN diharapkan bersikap agile dan adaptif menghadapi perubahan nasional dan global serta persaingan yang tidak lagi linear, termasuk godaan menggantikan Pancasila dengan ideologi lain," ungkap Aris.

Menurut dia, ASN memiliki peran penting dalam penyelenggaraan negara. Pasalnya, selain jumlahnya yang besar, mereka tersebar di semua sektor birokrasi di kementerian ataupun lembaga, termasuk di dunia pendidikan.

Dia menilai ASN memiliki peran penting dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan pelayanan publik di pusat dan daerah. Sebagai guru dan dosen, ASN juga berperan penting dalam mencerdaskan generasi muda.

Simak video 'Kemendagri: Tanpa Ideologi Pancasila Negara Bisa Bubar':

[Gambas:Video 20detik]

(rdp/gbr)