Round-Up

5 Fakta Penganiaya Perawat RS Siloam Jadi Tersangka

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 18 Apr 2021 03:31 WIB
Jason Tjakrawinata alias JT (38)
Tersangka Jason Tjakrawinata alias JT (Prima Syahbana/detikcom)
Jakarta -

Nestapa dialami Jason Tjakrawinata alias JT (38) tatkala menganiaya perawat perempuan RS Siloam Sriwijaya, Palembang, Christina Ramauli Simatupang (28). Jason ditangkap aparat keamanan dan ditetapkan sebagai tersangka.

Kejadian penganiayaan ini terjadi pada Kamis (15/4) pukul 13.30. Sehari setelahnya Jason dicokok anggota Satreskrim Polrestabes Palembang tanpa perlawanan di kediamannya, kawasan Kayuagung, Ogan Komering Ilir (OKI) sekitar pukul 19.00 WIB.

"Tersangka kita tangkap di kediamannya di Kayuagung, OKI, yang berjarak sekitar dua jam dari Polrestabes Palembang, tanpa perlawanan. Tersangka yang berprofesi sebagai pengusaha onderdil atau spare part motor/mobil ini tiba Polrestabes sekitar pukul 24.00 WIB," kata Kapolrestabes Palembang Kombes Irvan Prawira saat jumpa pers di Mapolrestabes, Sabtu (17/4).

Berikut deretan fakta-fakta yang dirangkum detikcom usai Jason Tjakrawinata ditetapkan sebagai tersangka:

1. Ditahan Usai Jadi Tersangka

Jason ditetapkan sebagai tersangka kasus penganiayaan perawat RS Siloam Sriwijaya, Palembang. Dia juga ditahan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Saat ini yang bersangkutan sudah ditahan di Polrestabes Palembang," kata Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri saat dihubungi detikcom, Sabtu (17/4/2021).

2. Dijerat Pasal Berlapis

Jason turut dijerat pasal berlapis dalam perkara ini. Jason, yang kini ditahan pihak kepolisian, dijerat pasal berlapis terkait penganiayaan dan perusakan barang.

Kapolrestabes Palembang Kombes Irvan Prawira mengatakan, Jason dijerat Pasal 351 KUHPidana dengan ancaman bui 2 tahun 8 bulan penjara karena menganiaya perawat RS Siloam. Selain itu, Jason juga dijerat pasal perusakan.

"Selain dijerat kasus penganiayaan, Jason dijerat pasal perusakan ponsel milik seorang perawat inisial AR yang pada saat kejadian merekam aksi keributan tersebut," kata Irvan.

3. Pelaku Seorang Wiraswasta, Bukan Polisi

Polisi membantah Jason yang mengaku-ngaku sebagai polisi. Terungkap bahwa Jason merupakan seorang wiraswasta yang bergerak di bidang suku cadang mobil dan motor.

"Pelaku bukan anggota polisi dan saat ini yang bersangkutan sudah ditahan di Polrestabes Palembang. Yang mengatakan 'saya polisi' itu adalah anggota polda yang kebetulan sedang di TKP untuk menenangkan tersangka," kata Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri saat dihubungi detikcom, Sabtu (17/4/2021).

Jason diketahui berprofesi sebagai pengusaha suku cadang mobil dan motor di Kayuagung, Ogan Komering ilir (OKI). "(Pekerjaannya) wiraswasta," jelas Eko.

Simak video 'Jason Penganiaya Perawat RS Siloam Minta Maaf: Saya Tersulut Emosi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2