Heboh Beruang Madu Masuk Dapur Warga di Sumbar Gegara Bau Minyak Gorengan

Jeka Kampai - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 19:36 WIB
Dokumen dari tangkapan video viral
Beruang madu di Solok, Sumatera Barat, membuat heboh setelah masuk dapur rumah warga. (dok. Istimewa)
Solok -

Seekor beruang madu (Helarctos malayanus) membuat heboh setelah masuk ke dapur rumah warga di Jorong Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Pasalnya, satwa liar yang dilindungi itu nekat menerobos rumah setelah mencium bau minyak goreng bekas.

Kemunculan beruang madu tersebut terekam video warga yang kemudian beredar viral di media sosial. Dalam video tersebut tampak satwa tersebut mendekati panci yang diduga berisi minyak goreng.

Terlihat beruang menjilati dan minum minyak yang ada dalam panci tersebut. Tidak berapa lama, seseorang meneriaki beruang tersebut sehingga membuatnya kabur.

Kejadian tersebut dibenarkan oleh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Solok Afrilius. Dia mengatakan satwa tersebut diketahui muncul pada Jumat (16/4) malam.

"Iya. Itu tadi (kemarin) malam," kata Afrilius kepada wartawan, Sabtu (17/4/2021).

Dia menyebut beruang madu memang diketahui kerap muncul belakangan ini di beberapa lokasi. Mereka, kata dia, selalu berpindah-pindah tempat.

"Kemunculannya sejak 31 Maret 2021 malam. Kemudian berpindah-pindah sesuai rumah yang tercium bau minyak bekas gorengan di dapurnya," kata Afrilius.

Ia menyebutkan kemungkinan beruang madu tersebut terpancing oleh bau minyak goreng bekas milik warga. Dia menyebut beruang madu memang diketahui suka mengkonsumsi minyak bekas.

Dia pun mengimbau agar warga menutup tempat penyimpanan minyak goreng di rumah. Warga yang punya usaha menjual gorengan juga diimbau tidak sembarangan meletakkan minyak bekas.

(maa/maa)