Dukung Kampung Sehat 2, Lombok Tengah Perketat Prokes Pasar Ramadhan

Nurcholis Maarif - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 19:08 WIB
Polda NTB
Foto: dok. Polda NTB
Jakarta -

Pemerintah Provinsi dan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) menjalin sinergi mewujudkan Kampung Sehat yang diinisiasi Kapolda NTB bersama Danrem 162/Wira Bhakti dan Pemprov NTB. Salah satunya melalui sinergi Pemkab dan Polres Lombok Tengah yang menggelar Pasar Ramadhan Berkah disertai pengetatan protokol kesehatan (prokes).

Wakapolres Lombok Tengah Kompol I Ketut Tamiana mengatakan digelarnya Pasar Ramadhan Berkah di Alun-Alun Tatas Tuhu Trasna (Tastura) adalah salah satu upaya Pemkab Lombok Tengah dalam membangkitkan pertumbuhan ekonomi khususnya para pelaku UMKM.

"Meskipun diizinkan untuk digelar, kami menekankan agar masyarakat saling menjaga dan menjalankan protokol kesehatan, untuk menghindari lonjakan kasus COVID-19," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/4/2021).

Di sela meninjau langsung Pasar Ramadhan Berkah, ia meminta kepada para pelaku UMKM yang mengisi stand Pasar Ramadhan Berkah untuk ikut serta secara aktif membantu mengedukasi masyarakat dalam mematuhi prokes.

"Apabila ada warga yang datang di lapak atau area bazar terutama yang tidak pakai masker, pelaku UMKM harus mengingatkan tentang disiplin prokes, untuk mencegah penyebaran Virus Corona," tuturnya.

Polda NTBPolda NTB Foto: dok. Polda NTB

Sementara Bupati Lombok Tengah HL. Fathul Bahri yang juga terjun langsung melakukan pemantauan mengatakan kegiatan Pasar Ramadhan diharapkan akan membawa berkah bagi masyarakat.

"Saya yakin ini akan membawa berkah. Pasalnya kegiatan ini memang kita hajatkan untuk membantu masyarakat dan pelaku UMKM," ujarnya.

Ia menyebutkan, Pasar Ramadhan Berkah yang digelar di Alun-Alun Tastura itu akan digelar hingga 8 Mei 2021 mendatang. Sedangkan dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas), pihaknya menugaskan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berkolaborasi dengan pihak Polres Lombok Tengah, termasuk untuk memantau kepatuhan masyarakat dalam menjalankan prokes.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanti mengungkapkan bahwa sinergi tersebut sebagai bentuk kebersamaan dalam mendukung Kampung Sehat 2 Nurut Tatanan Baru.

"Itu adalah simbiosis mutualisme antara Pemda dan Polres Lombok Tengah, dalam cipta Kampung Sehat jilid 2 NTB, yang pada prinsipnya sebagai wujud pemulihan ekonomi dalam membantu ketahanan pangan, khususnya bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, red)," ungkapnya.

(prf/ega)