Round-Up

Serba-serbi Habib Rizieq Lulus Uji Disertasi dari Balik Jeruji

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 04:00 WIB
Habib Rizieq Pulang, Picu Kerumunan, Lalu Ditahan (Infografis detikcom)
Habib Rizieq Pulang, picu kerumunan, lalu ditahan. (Infografis detikcom)

Ujian 3 jam

Ujian dilakukan dengan bantuan internet, menyambungkan komunikasi dari Indonesia dengan Malaysia. Rizieq butuh waktu 3 jam untuk menyabet gelar PhD.

"Kurang-lebih 2 sampai dengan 3 jam," ujar Kabag Penum Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada detikcom, Jumat (16/4) kemarin.

Disertasi itu dilakukan secara online dan diuji oleh Profesor Madya Dr Kamaluddin Nurdin Marjuni serta Dr Ahmed Abdul Malik.

"Iya benar, saya adalah wakil penguji dan Prof Kamaluddin sebagai penguji utama dan judul yang disebutkan di atas adalah benar," kata salah satu dosen penguji HRS, Dr Ahmed Abdul Malik, saat dihubungi, Jumat (16/4) kemarin.

Habib Rizieq ikuti sidang disertasi secara daring (dok. Pengacara HRS)Habib Rizieq ikuti sidang disertasi secara daring (dok. Pengacara HRS)

Judul disertasi

Judul disertasi Rizieq dalam disertasi adalah 'Distinguishing Between Origins and Branches in Belief, Islamic Law, and Ethics Among The Ahl Al-Sunnah Wa Al-Jama'ah.' Dalam bahasa Indonesia, judulnya adalah 'Metodologi Pemilihan Antara Usul dan Furu' dalam Aqidah dan Syari'ah serta Akhlaq Menurut Ahlus Sunnah Wal Jama'ah'.

Disertasi Rizieq sendiri terdiri dari ratusan halaman berbahasa Arab. Disertasi dikerjakan selama 12 bulan dan masih dalam proses revisi.

Pengacara Habib Rizieq, Aziz Yanuar, menyebut isi dalam disertasi itu membahas seputar terorisme sebagai ajaran menyimpang dari Islam.

"Arahnya membahas dan menentang terorisme sebagai ajaran menyimpang dari ajaran Islam," kata Aziz kepada wartawan, Jumat (16/4) kemarin.

Selanjutnya, memuji Polri-Jaksa:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3