detikKultum Gus Miftah: Ciri-ciri Orang Beriman

Rahma Indina Harbani - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 17:14 WIB
Jakarta -

Panggilan untuk berpuasa Ramadhan 1442 H dalam Surat Al-Baqarah ayat 183 menyebut orang-orang beriman di dalamnya. Seperti apa sebenarnya agar seseorang dapat disebut sebagai orang yang beriman?

Melanjutkan detikKultum episode sebelumnya terkait "Puasa Untuk Orang Beriman", Gus Miftah melalui detikKultum hari ini (16/4/2021) menyebutkan apa saja ciri-ciri dari orang beriman tersebut.

Sesuai dengan firman Allah yang termaktub dalam Surat Al-Anfal ayat 2, salah satu ciri orang yang beriman adalah ketika disebut nama Allah, hatinya bergetar.

Gus Miftah menyebutkan apakah hati bergetar saat mendengar lantunan adzan, ayat suci Al-Qur'an, ataupun saat nama besar Allah disebut. Terutama di bulan Ramadhan 1442 H, saat mendengar adzan maghrib kita merasa senang tidak hanya semata-mata untuk berbuka puasa.

"Ketika Anda mendengarkan adzan, mendengarkan lantunan Qur'an, mendengarkan ke-Akbar-an Allah disebutkan, kira-kira hati kita ini bergetar apa enggak?" ujarnya.

Selain itu, Gus Miftah juga menyebutkan 2 ciri lain yang ada dalam diri orang beriman yang diperintahkan Allah untuk berpuasa Ramadhan 1442 H. Apa sajakah itu?

Selengkapnya detikKultum bersama Gus Miftah: Ciri-ciri Orang Beriman tonton DI SINI.

(erd/erd)