detikKultum Gus Miftah: Berkah di Balik Sahur

Rahma Indina Harbani - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 17:14 WIB
Jakarta -

Setelah memasuki hari kedua di bulan Ramadhan 1442 H, sudah kedua kalinya pula kita semua bangun dini hari untuk melaksanakan makan sahur.

Bangun sahur pada waktu dini hari pun memang terkadang sulit bagi beberapa orang. Padahal, di balik sahur ini, terdapat banyak keberkahan di dalamnya. Mulai bangun tidur dan kita berniat untuk sahur pun sudah ada keberkahan.

Karena itu, kita juga harus memahami hikmah dalam pelaksanaan sahur di bulan Ramadhan 1442 H sendiri. Miftah Maulana Habiburrahman atau yang akrab dipanggil Gus Miftah ini menekankan terdapat 7 hal yang harus dipahami kenapa kita harus melaksanakan sahur.

Salah satunya adalah, melalui sahur, kita dapat bangun lebih pagi dari biasanya dan mengamalkan sholat tahajud.

"Bangun, sholat tahajud, minta sama Allah, berdoa sebaik-baiknya dilanjutkan dengan makan sahur. Karena ini adalah waktu-waktu yang mustajabah, pengin mendapatkan solusi dari masalah pengin segera dikabulkan hajatnya, pengin segara dikabulkan doa-doanya, kemudian dilanjutkan dengan makan sahur, kan keren," ujar Gus Miftah dalam detikKultum detikcom, Rabu 14 April 2021.

Selain itu, melalui sahur sebelum berpuasa di bulan Ramadhan 1442 juga dapat membuat tubuh dapat asupan gizi agar kuat berpuasa hingga membedakan kita dengan umat lain yang juga berpuasa. Masih banyak lagi keberkahan di balik makan sahur yang disebutkan oleh Gus Miftah.

Selengkapnya detikKultum bersama Gus Miftah: Berkah di Balik Sahur tonton DI SINI.

(erd/erd)