Jeff Smith dan Fenomena Artis Muda Terjerat Ganja

ADVERTISEMENT

Spotlight

Jeff Smith dan Fenomena Artis Muda Terjerat Ganja

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 16:12 WIB


Ingin Coba-coba hingga Anggap Sepele Hukuman

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara, Naomi Soetikno, mengungkap faktor internal dan faktor eksternal mempengaruhi seseorang terjerumus kasus ganja atau narkotika. Misalnya faktor internal memang di dalam dirinya sudah ada keinginan untuk mencoba-coba, keinginan melanggar aturan, mencoba sensasi, dan karakter psikologis tiap individu.

Sementara itu, faktor eksternal di antaranya dipengaruhi teman sebayanya banyak yang merupakan pemakai, ada pihak yang mengajak, dan faktor lingkungan terdekat. Serta ada pula yang merasa kurangnya aturan ditegakkan.

"Atau malah karena lemahnya aturan di keluarga maupun di lingkungan masyarakat karena seolah-olah aturan nggak ditegakkan dengan tegas sehingga dia melihat bisa dipermainkanlah itu," ujar Naomi.

Lebih lanjut, Naomi mengatakan anak muda berusia sekitar SMP, SMA, dan awal kuliah kecenderungannya memakai narkoba untuk senang-senang. Biasanya mereka yang berusia muda belum berpikir dampak hukumannya.

Sementara itu, pengguna ganja atau narkoba yang sudah memasuki usia dewasa sekitar 23 tahun ke atas juga mudah tergoda menjadi pemakai. Ada pula anggapan 'pengguna narkoba direhabilitasi'.

"Mereka sudah mulai nalar ada ancaman hukuman terhadap perbuatan itu tapi mereka tetap langgar karena mereka menganggap peluangnya ada ya paling hanya jatuhnya direhab. Karena mereka sendiri sebenarnya nggak kebayang seberapa penting direhab," ujarnya.

"Biasanya kalau yang masih berpikiran seperti itu mereka belum tahu karena hal itu akan merusak dirinya sendiri kalaupun mereka yang sudah tahu tapi masih ada peluang untuk excuse," ungkapnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT