Lucinta Luna Dikecam, Ini Aturan soal Pertunjukan Lumba-lumba

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 13:23 WIB
Lumba-lumba Hidung Botol atau dolphin berhasil lahir di Taman Safari Prigen, Pasuruan
Ilustrasi lumba-lumba (Muhajir Arifin/detikcom)
Jakarta -

Lucinta Luna mendapat kecaman keras karena 'menaiki' lumba-lumba yang sedang berenang. Pertunjukan lumba-lumba sendiri telah dilarang sejak tahun lalu.

Larangan ini tertuang dalam Surat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Nomor: SP.041/HUMAS/PP/HMS.3/02/2020. Pertunjukan lumba-lumba keliling resmi dilarang pada 6 Februari 2020.

"Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 06 Februari 2020. KLHK bersama Lembaga Konservasi (LK) pemegang izin peragaan keliling satwa dilindungi lumba-lumba bersepakat bahwa kegiatan peragaan lumba-lumba di luar lingkungan LK dihentikan. Kesepakatan ini ditandatangani pada tanggal 12 Juli 2018," demikian bunyi surat yang dilihat detikcom, Jumat (16/4/2021).

Aturan tersebut mengacu pada ketentuan Peraturan Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Nomor: P.9/IV-SET/2011 tentang Pedoman Etika dan Kesejahteraan Satwa di Lembaga Konservasi dan P.16/IV/SET/2014 tentang Pedoman Peragaan Lumba-Lumba.

Jika masih ada yang melanggar aturan ini, maka yang pelanggar bisa dikenai sanksi sebagai berikut:
1. Dalam hal hasil evaluasi pelaksanaan atas pemenuhan kewajiban Lembaga Konservasi (LK) atau atas larangan dalam ditemukan ketidaksesuaian atau penyimpangan, diambil tindakan.
a. penghentian sementara pelayanan administrasi;
b. denda; dan
c. pencabutan izin LK.

Lihat juga Video: Kembalinya Ratu Salomeh Lucinta Luna Usai Bebas dari Penjara

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2