Round-Up

Warga AS Menang, Pilkada di NTT Pun Diulang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 07:01 WIB
Bupati terpilih Sabu Raijua
Orient Patriot Riwu Kore (Foto: Dok. Facebook)
Sabu Raijua -

Kemenangan Orient Patriot Riwu Kore di Pilkada Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), sirna. Mahkamah Konstitusi (MK) menganulir kemenangan Orient.

MK menyatakan secara faktual Orient adalah pemilik paspor AS dan paspor Indonesia. Orient tidak jujur saat mengajukan permohonan paspor Indonesia dan mengajukan permohonan administrasi pendaftaran ke KPU Sabu Raijua.

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian. Menyatakan batal keputusan KPU Kabupaten Sabu Raijua. Menyatakan diskualifikasi Sabu Raijua, Orient Patriot Riwu Kore-Thobieas Uly," kata Ketua MK Anwar Usman yang dibacakan di gedung MK dan disiarkan lewat channel YouTube MK, Kamis (15/4/2021).

Orient memiliki paspor AS hingga 2027. Orient memiliki paspor AS karena bekerja untuk pabrik kapal perang Angkatan Laut AS. Istri Orient juga WN AS.

"Sehingga tidak memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam pasal 7 ayat 1 UU 10/2017 sebagai calon Bupati Sabu Raijua. Maka harus dinyatakan batal demi hukum," ucap Saldi.

Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient P Riwu KoreFoto: Orient P Riwu Kore. (Dok situs KPU)

Dengan gugurnya Orient, wakilnya, Thobias Uly, juga ikut gugur. Oleh sebab itu, pasangan tersebut menjadi gugur. MK menyatakan gugurnya Orient tidak otomatis peringkat kedua langsung menang. Perlu digelar pilkada ulang dengan diikuti 2 calon dalam jangka waktu 60 hari sejak putusan MK diucapkan.

"Tanpa perlu melaporkan hasilnya kepada MK," ujar Saldi.

Sebagaimana diketahui, Orient ikut Pilkada Sabu Raijua dan menang. KPU mengeluarkan surat Keputusan KPU Kabupaten Sabu Raijua Nomor 25/HK.03.1-Kpt/5320/KPU-Kab/I/2020 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Tahun 2020 bertanggal 23 Januari 2020. Belakangan, terungkap Orient punya Paspor AS sehingga gugatan dilayangkan ke MK dengan harapan Orient didiskualifikasi.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya

Tonton juga Video: Yasonna Dengar Kabar Orient P Riwu Ajukan Pelepasan Warga Negara AS

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2