Buron Teroris Serahkan Diri di Jaksel Sehari-hari Pengusaha Rias Pengantin

Rahmat Fathan - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 16:13 WIB
Suasana di depan rumah buron teroris Saiful (Fathan-detikcom)
Suasana di depan rumah buron teroris Saiful. (Fathan/detikcom)
Jakarta -

Terduga teroris yang diburu Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, Saiful Basri, menyerahkan diri ke Polsek Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Saiful disebut sebagai pengusaha rias pengantin.

Ketua RT tempat tinggal Saiful di Jati Padang, Taufik Umar, membenarkan warganya tersebut telah menyerahkan diri ke polisi pukul 07.00 WIB pagi tadi. Taufik mengatakan Saiful sehari-hari memiliki usaha rias pengantin.

"Tadi saya dapat info dari Pak RW, beliau (Saiful) sudah menyerahkan diri. Dia sehari-hari itu usaha rias pengantin dan katering," ujar Taufik di kawasan Jati Padang, Pasar Minggu, Jaksel, Kamis (15/4/2021).

Dia mengatakan Saiful memiliki delapan saudara kandung. Menurut Taufik, keluarga besar Saiful telah lama tinggal di daerah tersebut.

"Tinggal tujuh dari sembilan bersaudara. (Tinggal di) itu, rumah-rumah sekitar situ (Saiful). Karena yang dua orang udah pindah, sudah tidak tinggal di situ. Dia kan keluarga besar di situ. Jadi memang asli situ," ucapnya.

Taufik mengatakan tak curiga terhadap Saiful. Menurut dia, aktivitas Saiful sama saja dengan warga lainnya.

"Biasa aja. Nggak ada yang aneh menurut saya. Nggak ada, Nggak ada (kecurigaan)," kata Taufik.

Pantauan detikcom di kediaman Saiful yang berada di kawasan Jati Padang, Pasar Minggu, Jaksel, terlihat ada etalase berisi pakaian pengantin di depan rumah itu. Tak ada aktivitas apa pun di rumah tersebut.

Sebelumnya, salah satu terduga teroris yang diburu Tim Densus 88 Antiteror Polri, Saiful Basri, menyerahkan diri. Saiful Basri menyerahkan diri ke Polsek Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pagi tadi.

"Benar," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono melalui pesan singkat, Kamis (15/4).

Berdasarkan informasi yang diterima detikcom, Saiful Basri diamankan di Polsek Pasar Minggu. Selanjutnya, Saiful Basri akan diserahkan kepada Densus 88 Antiteror untuk penyelidikan lebih lanjut.

Sementara itu, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menjelaskan Saiful Basri menyerahkan diri pada pukul 06.00 WIB tadi.

"Dia menyerahkan diri. Baru habis itu ditangkap," tutur Ramadhan.

Adapun keterlibatan Sanny Nugraha dan Saiful Basri di antaranya merencanakan pembuatan bom untuk melakukan serangan kepada polisi. Keduanya juga disebutkan mengetahui pembuatan bom serta mengikuti pelatihan percobaan pembuatan bom di Ciampea, Kabupaten Bogor.

(haf/haf)