detikcom Do Your Magic

Longsor Jl Tanjung Burung Tangerang Belum Diperbaiki, Warga Khawatir

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 16:08 WIB
Jalan di Kampung Genteng, Teluknaga, Kabupaten Tangerang, longsor. (Dok Diskominfo Tangerang)
Jalan di Kampung Genteng, Teluknaga, Kabupaten Tangerang, longsor. (Dok. Diskominfo Tangerang)
Kabupaten Tangerang -

Longsor di Jl Tanjung Burung, Kabupaten Tangerang, belum diperbaiki. Warga khawatir arus air Sungai Cisadane bisa makin parah menggerus jalan itu.

"Warga berharap longsor ini segera diperbaiki karena khawatir ada air kiriman dari daerah hulu, yakni dari Bogor dan Tangerang Kota," kata Kepala Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Idris Efendi, kepada detikcom, Kamis (15/4/2021).

Longsor Jl Tanjung Burung terjadi pada 13 Maret atau sebulan lalu. Warga tidak bisa melintasi jalan itu. Namun kini Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah membangun jalan alternatif di samping jalan yang longsor ini.

Jalan alternatif yang disediakan untuk warga yang terdampak longsornya Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Kab Tangerang. (Dok Pemkab Tangerang)Jalan alternatif yang disediakan untuk warga yang terdampak longsornya Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Kab Tangerang. (Dok Pemkab Tangerang)
Jalan alternatif yang dibangun Pemkab di dekat Jl Tanjung Burung Teluknaga yang longsor. (Dok Dinas Bina Marga SDA Kab Tangerang)Jalan alternatif yang dibangun Pemkab di dekat Jl Tanjung Burung Teluknaga yang longsor. (Dok. Dinas Bina Marga SDA Kab Tangerang)

"Untuk tanggulnya belum dibangun. Yang saat ini sudah ada adalah tanggap darurat buat jalan roda empat yang dikerjakan Dinas Bina Marga," kata Idris.

Untuk perbaikan longsor sekaligus pembangunan tanggul sungai yang roboh di Jl Tanjung Burung, tepat di sisi Sungai Cisadane, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Tangerang masih menunggu rekomendasi teknis dari pihak Balai Besar Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian PUPR.

"Permohonan perbaikan tanggul sudah kami kirim pada awal Maret 2021 sesuai Permen PUPR Nomor 13 Tahun 2015 tentang penanganan turap, harus ada syarat Rekomendasi Teknis dari BBWSCC, sesuai dengan aturan dan kewenangannya," kata Kepala Dinas Bina Marga dan SDA, Budi Mulyanto, dalam keterangan pers Pemkab Tangerang.

(dnu/aik)