Sederet Kontroversi Nadiem Makarim yang Didorong Reshuffle

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 11:59 WIB
Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Instagram Nadiem Makarim)
Jakarta -

Sejumlah pihak menyoroti kinerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim di tengah mengemukanya isu reshuffle kabinet. Menteri milenial ini dinilai sedang berada di persimpangan jalan, apakah akan terus melaju atau balik kanan.

"Memang Nadiem siap terima risiko dan dia akan jalan terus (meski banyak kritik), cuma risikonya kepada guncangan politik dan pendidikan menurut saya perlu tertata semua. Jadi saya pikir di persimpangan jalan Nadiem ini. Kalau presiden dapat tekanan luar biasa dan menyerah tentu akan berganti," kata mantan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud), Fasli Jalal, kepada wartawan, Rabu (14/4/2021).

Fasli menyoroti Nadiem beberapa kali terlibat kontroversi untuk hal yang tidak terlalu substansial. Dia menilai pernyataan Nadiem kadang tidak masuk akal dan sulit dipahami.

"Ada jargon-jargon pendekatan yang kadang kalau dipahami benar tidak seperti itu, tapi kadang-kadang dipakai untuk menyerang beliau bahwa kurang falsafah agama, kurang masuk, kemudian apalah. Dia pada hari pertama dulu dia hadir wisuda di mana guru besar dengan toga kebesarannya dia memakai jins, itu juga sempat heboh. Tapi dari awal saya sabar saja," kata Fasli Jalal.

Fasli lantas memberikan saran evaluasi positif untuk Kemendikbud. Menurutnya, presiden bisa mempertimbangkan melantik wakil menteri dengan background akademisi.

"Kita beri kesempatan dia untuk bekerja lebih keras. Mudah-mudahan Nadiem makin berpengalaman, dia kan orang baru nggak mungkin orang baru langsung sukses. Mungkin cari Wakil Menteri senior yang orang dekat Presiden tapi juga dihargai di bidang pendidikan. Kalau kombinasi ini saya kira lebih baik," sarannya.

Dirangkum detikcom, ada beberapa kontroversi yang terjadi selama Nadiem Makarim menjabat Mendikbud. Berikut ini rinciannya:

Simak juga Video: Soal Reshuffle, Pengamat Politik Ini Nilai Posisi Nadiem Rentan Diganti

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3