Suasana Hari Kedua Tarawih di Masjid Istiqlal dengan Protokol Kesehatan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 21:29 WIB
Suasana Tarawih di Masjid Istiqlal
Suasana salat tarawih di Masjid Istiqlal. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Masjid Istiqlal menggelar ibadah salat tarawih berjemaah kedua malam ini. Protokol kesehatan menjadi hal yang sangat diperhatikan di dalam Masjid.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (13/4/2021), jemaah berdatangan ke masjid saat azan Isya berkumandang pada pukul 19.08 WIB. Sebelum masuk, para jemaah perlu terlebih dulu melakukan pengecekan suhu tubuh.

Pemeriksaan suhu ini dilakukan oleh petugas yang telah berjaga di depan pintu masuk. Petugas juga memberikan kantong plastik untuk jemaah membungkus alas kaki. Gate detector pun disediakan di pintu masuk masjid.

Sebelum masuk ke area ibadah, ada 2 botol hand sanitizer yang disiapkan. Di dalam ruang ibadah, jemaah diarahkan oleh petugas Asosiasi Remaja Masjid Istiqlal (ARMI) untuk mengisi tempat sesuai dengan tanda yang sudah disediakan agar tetap menjaga prokes.

Ruang ibadah dibagi menjadi dua untuk jemaah laki-laki dan jemaah perempuan. Jaraknya pun sudah disesuaikan dengan prokes yang telah ditetapkan dengan ditandai oleh tanda silang merah dan hijau.

Jemaah melakukan ibadah salat Isya pada pukul 19.20 WIB dan dilanjutkan ceramah pukul 19.30 WIB. Saat sesi ceramah, tampak kotak infak yang di atasnya disediakan hand sanitizer mulai digeser. Hal tersebut dimaksudkan agar jemaah dapat membersihkan tangannya supaya tetap steril.

Selanjutnya, ibadah salat tarawih di Masjid Istiqlal dimulai pada pukul 19.40 WIB. Petugas ARMI mengatakan jumlah jemaah hari ini lebih banyak dibanding ibadah salat tarawih 1 Ramadan kemarin malam.

"Lebih banyak hari ini, karena kemarin ga terisi sampai belakang. Karena biasanya tarawih pertama itu orang-orang di rumah," ujar petugas ARMI, Hafiz.

Seorang jemaah bernama Hanafi (17) mengaku bangga dapat melaksanakan salat tarawih di Masjid Istiqlal. Dia mengatakan salat di Masjid tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Saya sudah memimpikan salat di sini sudah lama, dan ini malam pertama saya di sini. Rasanya bangga banget. Ini ide bagus, jadi momen baik, diadakan di masjid baiknya memang seperti itu, dengan protokol kesehatan tentunya," kata seorang anggota jemaah, Hanafi (17).

Sementara itu, anggota jemaah lain, Satria (30), mengaku bersyukur masih dapat diperbolehkan salat tarawih berjemaah.

"Bersyukur banget, karena tahun lalu tidak bisa datang langsung ke sini. Prokesnya juga harus tetap diketatkan, tentunya," katanya.

Ibadah salat tarawih berjemaah di Masjid Istiqlal selesai diselenggarakan pada pukul 20.30 WIB dengan khusyuk. Jemaah langsung pulang tanpa ada yang berkerumun.

Simak video 'Menag: Zona Merah-Oranye Silakan Tarawih di Rumah':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)