Audit Pengamanan Pascateror Zakiah Aini, Polri Simpulkan SOP Berjalan Baik

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 16:38 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono (Dok. Divisi Humas Polri)
Jakarta -

Polri telah selesai mengaudit sistem pengamanan di Mabes Polri pasca-penyerangan Zakiah Aini (25). Hasilnya, Polri memastikan prosedur operasi standar (standard operating procedure/SOP) pengamanan di markasnya sudah berjalan baik.

"Semua disimpulkan bahwa SOP sudah berjalan dengan baik," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan di Mabes Polri, Selasa (13/4/2021).

Kendati demikian, Rusdi tak memungkiri pengamanan di Mabes Polri ditingkatkan seusai penyerangan yang terjadi pada Rabu (31/3) lalu. Terutama di pintu pemeriksaan. Peningkatan pengamanan, lanjutnya, juga dilakukan di markas polisi di daerah.

"Walaupun ada beberapa bagian yang kita tingkatkan sekarang, rekan-rekan bisa melihat sendiri bagaimana pemeriksaan pada tempat-tempat penjagaan itu akan ditingkatkan lagi, terutama bagi masyarakat atau tamu yang memiliki kepentingan di Mabes Polri," tuturnya.

"Dan ini tidak di Mabes Polri saja, di satuan-satuan kewilayahan telah dilakukan audit pengamanan sehingga betul-betul pengamanan di markas-markas kepolisian dapat berjalan dengan baik," sambung Rusdi.

Sebelumnya, Zakiah Aini (25) menyerang Mabes Polri dengan membawa sepucuk air gun. Polri mengakui kecolongan terkait Zakiah yang berhasil masuk ke Mabes Polri dengan membawa senjata.

Polri pun kemudian mengaudit sistem pengamanan Mabes Polri. Audit juga dilakukan untuk markas kepolisian di semua wilayah di seluruh Indonesia.

"Ini sedang diaudit masalah pengamanan kita," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan di Mabes Polri, Kamis (1/4).

Simak video 'Zakiah Aini Lolos Masuk Mabes, Polri Akan Audit Pengamanan':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)