Pembelian Alat Damkar Lebih Rp 6,5 M, Inspektorat Diminta Evaluasi Lelang

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 08:35 WIB
Selain menggelar upacara HUT Dinas Gulkarmat ke-101 Provinsi DKI Jakarta. Acara itu juga dimeriahkan dengan penampilan alat-alat canggih untuk memadamkan api.
Robot pemadam kebakaran (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Dana pengadaan alat pemadam kebakaran Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta kelebihan hingga Rp 6,5 miliar. Golkar DKI Jakarta meminta proses lelang dan pengadaan barang dievaluasi.

"Ya saya kira jangan dilihat dari nilai kelebihan Rp 6 miliar itu saja, dalam situasi ekonomi yang saat ini sedang tertekan itu jumlah yang besar, tapi yang lebih penting bagaimana proses pengadaannya sampai pembayaran pembelian ini harus dievaluasi, kok bisa terjadi? Semua belanja barang kan sudah e-catalog," kata Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta, Judistira Hermawan, kepada wartawan, Senin (12/4/2021).

Judistira menilai kelebihan dana hingga miliaran rupiah ini tidak semestinya terjadi. Oleh karena itu, Judistira meminta agar proses pengadaan sarana dan prasarana dievaluasi.

"Inspektorat saya rasa perlu bergerak mengevaluasi, jangan terjadi lagi hal seperti ini. Kok kita membayar dari yang seharusnya? Evaluasilah proses di badan lelang atau unit layanan pengadaan," ungkap dia.

Sementara itu, Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta meminta Dinas Gulkarmat lebih hati-hati dalam menggunakan anggaran. Dia mengatakan kelebihan anggaran merupakan hal yang biasa terjadi.

"Saya tidak menyatakan ada tindakan korupsi loh. Terjadinya selisih hitung antara pengelola keuangan dan penyedia barang yang berbeda dengan BPK itu merupakan hal yang biasa, karena memang tugas BPK mengaudit keuangan. Hal ini harus menjadi pelajaran untuk bertindak hati-hati para pengelolaan keuangan," kata Penasihat Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Nasrullah, saat dihubungi terpisah.

Lihat juga Video: Kebakaran di Tanah Abang, 15 Unit Damkar Dikerahkan

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2