Wagub Klaim Semua Desa di NTT Tak Ada Lagi yang Terisolasi

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 22:27 WIB
Banjir bandang menerjang sejumah wilayah di NTT pada Minggu (4/4) lalu. Tidak hanya merusak rumah, banjir itu juga menyerut sejumlah kendaraan.
Kondisi seusai bencana di NTT. (Antara Foto/Aditya Pradana Putra)
Jakarta -

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef Nae Soi mengklaim semua desa di wilayahnya saat ini sudah tidak ada yang terisolasi setelah terjadi bencana alam. Menurutnya, semua desa itu sudah bisa dijangkau oleh Satgas Bencana Siklon Tropis Seroja.

"Semua desa yang terdampak bencana sudah dijangkau oleh Satgas Bencana Siklon Tropis Seroja, tidak ada lagi desa yang terisolir," ujar Josef saat konferensi pers secara virtual, Senin (12/4/2021).

Josef mengaku ada sejumlah wilayah yang tidak bisa dilalui menggunakan jalur darat karena jembatan terputus. Namun kondisi itu bisa diatasi melalui jalur udara dan laut.

"Memang ada beberapa tempat yang jembatannya terputus, alternatif pertama udara, kedua kapal laut, kita miliki KRI dibantu Panglima TN dan kita miliki kapal ASDP," ucapnya.

Lebih lanjut, Josef meminta kepada daerah untuk segera menyalurkan bantuan kepada warga. Dia meminta daerah tidak menyimpan bantuan lebih dari 5 jam di gudang.

"Distribusinya harus tetap sasaran. Memang kami akui masih ada salah sasaran, karena itu kami minta kepada teman-teman di daerah hal itu tidak boleh terjadi lagi," katanya.

Diketahui, data per (12/4/2021), jumlah korban meninggal dunia akibat bencana di NTT berjumlah 179 orang. Korban yang masih dinyatakan hilang saat ini sebanyak 46 orang.

Peristiwa bencana terjadi di sejumlah daerah di NTT pada Minggu (4/4) dini hari. Setidaknya ada 10 kabupaten dan 1 kota yang terkena dampak bencana alam banjir hingga tanah longsor akibat kelahiran Siklon Tropis Seroja di bagian selatan NTT atau Samudra Hindia.

(man/jbr)