Bikin Resah, 25 Preman di Siak Diamankan Polisi Jelang Ramadhan

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 10:17 WIB
Operasi premanisme di Siak jelang Ramadhan (Dok Polres Siak)
Operasi premanisme di Siak menjelang Ramadhan. (Dok Polres Siak)
Jakarta -

Menjelang bulan suci Ramadhan, Polres Siak, Riau, menggelar operasi untuk menertibkan preman-preman jalanan. Dari operasi itu, 25 orang diamankan polisi.

Kapolres Siak AKBP Gunar mengatakan operasi preman Bina Kusuma telah digelar sejak 2 pekan terakhir. Beberapa lokasi rawan aksi premanisme menjadi target utama tim gabungan Polres Siak tersebut.

"Dalam operasi yang kita kasih nama Bina Kusuma ini ada 25 orang diamankan. Para preman diamankan dari beberapa lokasi di wilayah Siak," ujar Gunar kepada wartawan, Senin (12/4/2021).

Operasi preman, kata Gunar, digelar selama 30 hari dari 29 Maret hingga 27 April mendatang. Bahkan, mereka yang diamankan ternyata telah berulang kali ditangkap tim gabungan.

"Dari banyaknya ini, ada beberapa wajah lama dan sering kita temukan. Ini potensi kerawanan yang harus ditertibkan," tegas Gunar.

Meski demikian, Gunar menyebut preman di wilayahnya berbeda dengan di kota-kota besar. Sebab, mereka hanya melakukan pungutan liar di jalanan dan harus dibina.

"Preman di wilayah Siak lebih pada orang-orang yang melakukan pungutan liar atau pungli. Makanya kami harus mengayomi mereka, membina agar tidak melakukan tindak pidana dan pengulangan perbuatan mereka lagi," katanya.

Sebelum digelar operasi, Polres Siak telah menerima banyak laporan. Terutama atas aksi para pelaku yang dikhawatirkan akan memicu keributan dan keresahan.

"Mayoritas pelaku ini berasal dari Tualang, Minas, dan Kandis. Kami berharap dengan ditertibkannya mereka tak ada lagi tindakan premanisme yang meresahkan warga dan berpotensi menjadi keributan pada bulan suci Ramadhan," katanya.

(ras/isa)