Gempa M 6,7 di Malang Terasa Kuat, Warga Panik Berhamburan

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 14:58 WIB
Rumah warga di kawasan Malang selatan, Kabupaten Malang rusak akibat gempa M 6,7 (dok. Istimewa).
Rumah warga di kawasan Malang selatan, Kabupaten Malang, rusak akibat gempa M 6,7 (dok. Istimewa)
Malang -

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 6,7 di Malang, Jawa Timur, terasa kuat, salah satunya di Kota Malang. Warga yang panik berhamburan keluar dari rumah.

"Kejadiannya itu sekitar jam 2 siang (pukul 14.00 WIB) lewat. Saya waktu itu lagi becermin di kamar, terus ada getaran kuat sekali. Saya langsung lari," ujar Oskar, seorang mahasiswa yang tinggal di Jalan Simpang Dieng Utara, Kota Malang, Jawa Timur, kepada detikcom, Sabtu (10/4/2021).

Oskar mengungkapkan gempa yang terjadi terasa sangat kuat sekali hingga membuat sejumlah perabotan di tempatnya tinggal berjatuhan.

Saat dia lari keluar dari rumah ke jalanan, banyak warga sekitar rumahnya yang juga panik. Warga bahkan masih enggan kembali masuk ke rumah dan memilih berdiam diri di luar.

Menurut Oskar, kepanikan juga terjadi di apartemen di kawasan Dieng, dekat tempatnya tinggal. Penghuni apartemen banyak yang terlihat syok akibat gempa dan mereka masih berkumpul di luar apartemen.

Sebelumnya diberitakan, gempa bermagnitudo (M) 6,7 mengguncang Malang. Gempa susulan terasa selama 30 detik setelah gempa pertama.

"Gempa terasa sekitar 5 detik yang pertama, dan gempa susulan terasa sekitar 30 detik," demikian disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang lewat akun Twitter-nya, Sabtu (10/4).

Gempa ini terjadi pukul 14.00.15 WIB. Gempa itu dirasakan di seluruh Jawa Timur.

"Saat ini kami masih komunikasi dengan tim perihal situasi dan kondisi di 14 kota area Jatim II. Demikian laporan kami saat ini," kata BPBD Kota Malang.

(nvl/idh)