Gempa M 6,7 Malang Terasa di Sidoarjo, Kursi dan Meja Gerak Sendiri

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 14:46 WIB
Sidoarjo -

Gempa bumi berkekuatan M 6,7 terjadi Kabupaten Malang, Jawa Timur. Meski gempa Malang tidak menimbulkan potensi tsunami, guncangannya terasa kuat di Sidoarjo.

Gempa yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB, ini membuat warga semburat keluar rumah.

"Gempa, ayo keluar-keluar," kata seorang warga Sepanjang, Misbah (35) sembari keluar rumah mencari istri dan anaknya.

Dia mengaku merasakan guncangan gempa sekitar 4 kali. "Saya habis salat, duduk di tempat tidur, kok goyang-goyang 4 kali, langsung keluar lari," tegasnya.

Hal serupa diungkapkan Nur Azizah (50). Dia merasakan gempa saat memasak dan melihat kursi di dapur bergerak sendiri sebanyak 3 kali.

"Kaget kok kursi dan meja gerak sendiri, padahal dari kayu, bukan plastik. Terus badan goyang-goyang, langsung lari keluar," jelas Azizah yang sedang memasak.

Kebanyakan warga Sidoarjo mengaku kaget ikut merasakan getaran gempa. "Ini baru pertama kali merasakan gempa. Ya Alloh moga-moga selamat semua. Ini ada bencana apalagi," tegas Ny Dian sembari menggendong anaknya yang sedang menangis.

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG melaporkan tiitik koordinat gempa Malang terjadi pada 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur. Episenter gempa berada di laut dengan jarak 90 km dari arah barat daya Kabupaten Malang. Gempa memiliki kedalaman 25 km.

(fat/fat)