Round-Up

Kritik ke Anies Mengemuka Buntut Proyek Tugu Sepeda Ratusan Juta

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 07:14 WIB
Pekerja menyelesaikan pembangunan Tugu Sepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (7/4/2021). 

Pembangunan tugu yang berbentuk satu buah ban sepeda berukuran raksasa tersebut sebagai pengingat momentum penggunaan sepeda yang masif digunakan masyarakat Ibu Kota di tengah pandemi COVID-19.
Proyek Tugu Sepeda di Jalan Sudirman, Jakarta (Foto: Rifkianto Nugroho-detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikritik habis-habisan gegara proyek Tugu Sepeda. Keberadaan tugu sepeda senilai ratusan juta itu dianggap tak penting.

Rencana pembangunan prasasti di sekitar jalur sepeda sebenarnya sudah diungkap oleh Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo pada Februari 2021. Dia mengatakan prasasti itu bakal menjadi pengingat masifnya penggunaan sepeda gara-gara pandemi Corona atau COVID-19.

Prasasti yang hendak dibangun itu mulai jelas bentuknya, yakni Tugu Sepeda. Pembuatan Tugu Sepeda bakal menelan dana Rp 800 juta dari pihak swasta.

"Tugu sepeda ini dapat anggaran dari kewajiban pihak swasta, pihak ketiga. Kemudian nilainya kurang-lebih Rp 28 miliar, termasuk tugunya yang Rp 800 juta," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (8/4/2021).

Riza mengatakan Tugu Sepeda merupakan upaya Pemprov DKI memberi ruang bagi para pelaku seni untuk berkreasi demi memperindah Ibu Kota. Dia memastikan anggaran pembangunan Tugu Sepeda bukan berasal dari APBD DKI Jakarta.

"Itu kan memberi ruang untuk pelaku seni berkreasi, seni untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas dan mempercantik Jakarta. Anggaran dari pihak ketiga," ucap Riza.

Politikus Gerindra ini menilai Tugu Sepeda menjadi bukti Pemprov DKI memfasilitasi para pesepeda. Dia berharap sepeda bisa menjadi sarana transportasi bagi warga Jakarta.

"Kami berharap ke depan sepeda ini tidak hanya sebagai alat olahraga, rekreasi, dan ke depan tapi transportasi. Ini bagian integrasi layanan transportasi publik di Jakarta," ucapnya.

Bagaimana bentuk Tugu Sepeda itu?

detikcom mendatangi lokas proyek Tugu Sepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Tugu Sepeda yang masih dalam proses pembangunan ini terlihat berupa sebuah lingkaran seperti roda sepeda.

Pekerja menyelesaikan pembangunan Tugu Sepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (7/4/2021). Pembangunan tugu yang berbentuk satu buah ban sepeda berukuran raksasa tersebut sebagai pengingat momentum penggunaan sepeda yang masif digunakan masyarakat Ibu Kota di tengah pandemi COVID-19.Pekerja menyelesaikan pembangunan Tugu Sepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (7/4/2021). Pembangunan tugu yang berbentuk satu buah ban sepeda berukuran raksasa tersebut sebagai pengingat momentum penggunaan sepeda yang masif digunakan masyarakat Ibu Kota di tengah pandemi COVID-19. Foto: Rifkianto Nugroho

Ada lima lingkaran lain lagi di dalam lingkaran besar itu. Saat ini, belum terlihat jelas bagaimana bentuk Tugu Sepeda tersebut nantinya.

Tugu Sepeda ini berlokasi tepat di sebelah Prudential Tower. Proyek tugu sepeda itu masih dibatasi oleh pagar berwarna putih bergaris merah.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Ramai Pegowes, Dua Lajur Jalan Sudirman-Thamrin untuk Sepeda

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2