Pemprov DKI Bangun Tugu Sepeda di Jalan Sudirman Senilai Rp 800 Juta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 16:06 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mulai mengerjakan pembangunan tugu sepeda di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan pembangunan tugu sepeda ini menelan anggaran senilai Rp 800 juta.

"Tugu sepeda ini dapat anggaran dari kewajiban pihak swasta, pihak ketiga. Kemudian nilainya kurang-lebih Rp 28 miliar, termasuk tugunya yang Rp 800 juta," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (8/4/2021).

Riza menyampaikan pembangunan tugu sepeda ini bertujuan memberi ruang, khususnya kepada para pelaku seni, untuk berkreasi demi memperindah Ibu Kota. Dia juga memastikan anggaran bukan berasal dari APBD DKI Jakarta, melainkan dari pihak ketiga.

"Itu kan memberi ruang untuk pelaku seni berkreasi, seni untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas dan mempercantik Jakarta. Anggaran dari pihak ketiga," jelasnya.

Selain itu, politikus Gerindra tersebut memandang tugu sepeda ini sebagai bentuk keberpihakan Pemprov DKI memfasilitasi para pesepeda. Dia berharap ke depan sepeda bisa dijadikan sarana transportasi bagi warga Ibu Kota.

"Kami berharap ke depan sepeda ini tidak hanya sebagai alat olahraga, rekreasi, dan ke depan tapi transportasi. Ini bagian integrasi layanan transportasi publik di Jakarta," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI Jakarta berencana membangun prasasti di area jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan tujuan prasasti itu dibuat sebagai pengingat penggunaan sepeda semakin masif saat pandemi COVID-19.

"Tujuan pembuatan art work atau prasasti, sebagai pengingat momentum penggunaan sepeda sebagai alat transportasi yang masif digunakan oleh masyarakat pada masa pandemi COVID-19," ujar Syafrin saat dihubungi, Rabu (24/2).

Syafrin mengatakan prasasti itu akan dibangun di gedung Indofood Tower. Dilihat detikcom, artwork tersebut berbentuk satu buah ban sepeda berukuran raksasa.

Simak video 'Pengamat Komentari Rumah Panggung DKI: Tidak Menyelesaikan Masalah Banjir':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)