Kala Jokowi Pakaikan Jaketnya ke Fransiskus Korban Bencana di NTT

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 16:01 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi sejumlah wilayah yang terdampak bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT). Saat berada di Kabupaten Lembata, Jokowi sempat melepaskan jaket lalu memakaikannya kepada seorang pemuda bernama Fransiskus.

Momen Jokowi memberikan jaket merahnya kepada Fransiskus diunggah di akun Instagram @jokowi seperti dilihat, Jumat (9/4/2021). Jokowi tampak didampingi sejumlah pejabat.

"Jaket saya ini untuk Fransiskus, anak muda Lembata, Nusa Tenggara Timur, salah satu korban bencana longsor dan banjir bandang yang saya temui di lokasi, siang ini," tulis Jokowi.

Jokowi mengatakan sebelumnya Lembata menjadi salah satu wilayah dengan jumlah korban paling banyak. Jokowi memerintahkan para korban yang hilang untuk segera dicari.

"Ini yang akan terus kita usahakan agar yang dalam pencarian tadi bisa ditemukan. Tetapi, kalau kita lihat di lapangan, memang keadaannya bebatuan, batu yang besar-besar yang itu sangat menyulitkan alat-alat kita, tetapi tadi sudah saya perintahkan untuk terus dicari dan ditemukan yang masih hilang 45 orang," kata Jokowi seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi juga menerima laporan terkait harga BBM yang mahal. Namun dia memastikan logistik untuk para pengungsi tercukupi.

"Untuk pengungsian juga sudah pastikan bahwa karena memang tidak begitu banyak yang mengungsi, tetapi ada untuk memastikan logistiknya, saya kira cukup. Hanya tadi ada dari masyarakat menyampaikan bahwa BBM-nya mahal ya, saya terima," ujar dia.

Poin lain yang disampaikan Jokowi dalam kunker tersebut adalah relokasi. Jokowi mengatakan pembangunan segera dilakukan.

"Kemudian yang ketiga daerah yang terdampak ini nanti tadi saya sudah berbicara dengan Gubernur NTT dan juga Bupati Lembata nanti dengan persetujuan masyarakat lokasi ini akan dipindahkan, akan direlokasi, dan secepatnya akan dibangun, dalam waktu yang secepat-cepatnya," tutur Jokowi.

(knv/fjp)