Mantan Gubernur Sumsel Mahyuddin Meninggal karena Corona

M Syahbana - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 15:47 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Palembang -

Mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Mahyuddin, meninggal dunia. Dia meninggal setelah sempat dirawat usai positif Corona atau COVID-19.

"Almarhum sempat dirawat selama 6 hari di RS Bunda Palembang. Meninggalnya dr Mahyuddin ini seperti yang kita ketahui karena infeksi COVID-19," kata Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Bunda Palembang, Hibsa Ridwan, di Palembang, Jumat (9/4/2021).

Mahyuddin meninggal dunia pada usia 74 tahun di Palembang, Kamis (8/4) malam. Jenazah kemudian dimakamkan di TPU Kebun Bunga pada dini hari.

Ketua RT tempat Mahyuddin tinggal, Adam Karman, juga membenarkan soal almarhum yang terinfeksi Corona. Dia mengatakan Mahyuddin juga memiliki beberapa penyakit lain.

"Benar beliau kena COVID-19. Beliau juga ada penyakit seperti jantung, darah tinggi, diabetes, dan lain-lain. Tapi meskipun begitu beliau masih energik. Namun 10 hari terakhir dia sakit, jadi dirawat di rumah sakit. Awalnya di Rumah Sakit Bunda, lalu karena semakin parah jadi sekitar 3 atau 4 hari lalu di bawa ke RSMH Palembang," ujar Adam.

Adam mengatakan jenazah sempat dibawa ke rumah duka untuk disalatkan. Jenazah tetap berada dalam ambulans, sementara orang-orang yang menyalatkan berada di teras rumah.

"Almarhum disalatkan di teras rumah tanpa disentuh tetap dengan kondisi jenazah di dalam mobil. Setelah itu baru dimakamkan," ucapnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan Pemprov Sumsel akan memfasilitasi kegiatan peringatan, pengajian atau takziah di rumah Mahyuddin hingga 7 hari ke depan.

"Ya beliau ini kan mantan Gubernur Sumsel, seharusnya pemakamannya pun di-handle oleh Pemprov Sumsel. Namun, karena satu dan lain hal, maka almarhum sudah dimakamkan subuh tadi," kata Herman Deru di rumah duka.

"Maka dari itu, untuk memfasilitasi kegiatan itu, wajib kami berikan pada keluarga," sambungnya.

(haf/haf)