detikcom Do Your Magic

Sepekan Menanti Solusi Macet, Barier di Jl Moh Kahfi I Belum Bertambah

Rahmat Fathan - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 13:28 WIB
Jl Moh Kahfi I dekat persimpangan Jl Brigif dan Jl Warung Silah, menanti tambahan barier, 7 April 2021. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jl Moh Kahfi I dekat persimpangan Jl Brigif dan Jl Warung Silah menanti tambahan barier, 7 April 2021. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Barier atau pembatas jalan yang rencananya dapat menggeser lokasi putar balik di Jalan Moh Kahfi I, Jakarta Selatan, tak kunjung bertambah jumlahnya. Kemacetan masih terjadi karena putar balik belum bisa bergeser jauh.

Kemacetan terjadi pada Rabu (7/4/2021) sekitar pukul 08.00 WIB. Antrean kendaraan mengular 700 meter dari arah Depok ke arah Jagakarsa, tepatnya mulai depan Pasar Timbul sampai titik putar balik di persimpangan Jl Moh Kahfi I ini. Lalu lintas lebih lancar di luar jam-jam sibuk.

Pantauan detikcom Do Your Magic di lokasi, di persimpangan Jl Moh Kahfi I-Jl Warung Silah-Jl Brigif, Jagakarsa, pukul 12.30 WIB, tampak ada 15 barier di sini. Jumlah tersebut masih sama seperti dilihat pada Kamis (1/4) sore, sepekan lalu.

Padahal Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah berencana menggeser lokasi putar balik sampai 700 meter, yakni ke SPBU Pasar Timbul. Namun hingga kini belum terealisasi.

Bila sudah terealisasi sempurna, barier tersebut nantinya bakal menutup rapat celah putar balik dari Jl Warung Silah ke arah selatan (arah Depok).

Jl Moh Kahfi I dekat persimpangan Jl Brigif dan Jl Warung Silah, menanti tambahan barier, 7 April 2021. (Rahmat Fathan/detikcom)Jl Moh Kahfi I dekat persimpangan Jl Brigif dan Jl Warung Silah, menanti tambahan barier, 7 April 2021. (Rahmat Fathan/detikcom)

Ruas jalan di lokasi putar balik yang ada sekarang ini tak cukup. Mobil perlu berhenti sejenak dan mundur beberapa meter agar dapat berputar balik.

Sementara itu, ruas jalan hanya dapat dilalui satu unit mobil sehingga, jika ada mobil yang berputar balik, kendaraan yang berada di belakangnya perlu menunggu sejenak.

Jl Moh Kahfi I dekat persimpangan Jl Brigif dan Jl Warung Silah, menanti tambahan barier, 7 April 2021. (Rahmat Fathan/detikcom)Jl Moh Kahfi I dekat persimpangan Jl Brigif dan Jl Warung Silah, menanti tambahan barier, 7 April 2021. (Rahmat Fathan/detikcom)

Dilihat detikcom Do Your Magic di lokasi, mobil yang berputar balik membutuhkan waktu sekitar 30 detik. Selain itu, mobil yang berputar balik sampai memakan tepi jalan.

Akibatnya, kendaraan yang menunggu di belakangnya pun mengekor hingga timbul kemacetan. Terlebih lagi jika banyak kendaraan yang berputar balik dan terjadi pada jam-jam sibuk.

Selanjutnya, kondisi 15 barier yang ada saat ini:

Selanjutnya
Halaman
1 2