Pemprov DKI: Revitalisasi JPO Sudirman Pakai Dana KLB PT PKN

Wilda Nufus - detikNews
Minggu, 31 Jan 2021 17:38 WIB
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan merevitalisasi JPO Sudirman yang bertemakan kapal pinisi dengan menggunakan dana kompensasi koefisien lantai bangunan (KLB). Dalam hal ini, dana KLB itu berasal dari pihak swasta, yaitu PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN).

"PT Permadani Khatulistiwa Nusantara," kata Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Yusmada Faisal saat dihubungi, Minggu (31/1/2021).

Yusmada menerangkan dana KLB dari pihak PT PKN juga sebelumnya digunakan saat pembangunan JPO di Gelora Bung Karno kala itu. Kemudian saat ditanya mengenai anggaran untuk JPO Sudirman ini, Yusmana menyebut hal itu menjadi ranah Dinas Bina Marga DKI.

"Iya itu masih satu paket dengan JPO GBK. GBK itu Permadani. Kalau fisiknya kan dirancang dulu, rancangannya yang tahu kan Dinas Bina Marga nilainya, RAB-nya (rancangan anggaran bangunan)," ujarnya.

Sebelumnya pada 2019, Pemprov DKI membangun tiga JPO artistik di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, menggunakan kompensasi KLB dari pihak swasta. Pembangunan itu menggunakan dana KLB PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN), yang mengeluarkan dana Rp 53 miliar untuk pembangunan tiga JPO tersebut.

"Ini kemarin dibiayai melalui kompensasi KLB dan kemudian kita akan tuntaskan insyaallah bulan Mei semuanya selesai," ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada wartawan di JPO Gelora Bung Karno (GBK), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (28/2/2019).