Jokowi Bertolak ke NTT, Tinjau Lokasi Terdampak Bencana

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 07:17 WIB
Presiden Akan Tinjau Lokasi Terdampak Bencana di NTT
Foto: Presiden Jokowi dan rombongan bertolak ke NTT (Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Nusa Tenggara Timur (NTT) pagi ini. Jokowi diagendakan meninjau langsung sejumlah lokasi yang terdampak bencana di NTT.

Berdasarkan keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (9/4/2021), Jokowi bertolak ke NTT menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 06.00 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandara Frans Seda, Kabupaten Sikka.

Seperti diketahui, 22 kota/kabupaten di NTT dilanda bencana akibat siklon tropis seroja sejak 2 April hingga 5 April 2021. Beberapa kabupaten/kota yang terdampak bencana antara lain Kupang, Lembata dan Adonara.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat telah menetapkan status tanggap darurat terhitung mulai tgl 6 April sampai 5 Mei mendatang. Dalam kunjungan kali ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Sekretaris Militer Presiden Marsda M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto dan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin juga turut ikut dalam rombongan ini.

Sebelumnya, Kepala BNPB Doni Monardo memberikan update penanganan bencana alam di NTT dan NTB. Doni menyebut hingga saat ini korban meninggal ada 165 dan 45 hilang.

Doni juga memaparkan data korban yang ditemukan meninggal hingga hari ini. Di Pulau Adonara ada 71 orang yang telah ditemukan meninggal dan 5 masih hilang.

"Berikutnya Kabupaten Lembata 43 orang (meninggal), 25 hilang," kata Doni dalam konferensi di akun YouTube BNPB, Kamis (8/4).

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat Video "Update Bencana Banjir NTT-NTB: Korban Tewas Capai 165 Orang":

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2