Dorong Majunya Industri Kreatif Lewat BNI Creativepreneur Conference 2021

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 18:59 WIB
BNI Creativepreneur
Foto: CXO Media
Jakarta - Pada gelaran hari kedua BNI Creativepreneur Conference 2021, kuliner dan kriya akan dibahas oleh para pembicara yang ahli pada bidang tersebut bersama dengan beberapa topik menarik lainnya.

Hal ini selaras dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017 yang menunjukkan tiga kontributor terbesar PDB ekonomi kreatif Indonesia adalah subsektor fesyen (41.4%), kuliner (17.6%), dan kriya (15%).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan acara seperti ini akan membangun kreatifitas anak muda dalam wirausaha.

"Indonesia kaya akan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga jika dikolaborasikan dengan entrepreneurship, maka banyak anak muda yang akan menghasilkan terobosan," katanya dalam press conference BNI Creativepreneur Conference 2021.

Lebih lanjut ia mengatakan walaupun ada kekhawatiran karena COVID-19, vaksinasi juga lagi berjalan, dan pariwisata masih prihatin, namun anak-anak muda Indonesia ternyata selama ini bisa hidup karena kreativitasnya. Sehingga acara ini diharapkan bisa membangkitkan semangat anak muda untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Di hari kedua, acara akan dibuka oleh Muhammad Iqbal (Direktur Bisnis UMKM BNI), Leonard Theosabrata (Direktur Utama SMESCO), dan Hanna Keraf (Co-Founder & Direktur Komunitas & Kemitraan Du Anyam) yang membahas tentang Social Entrepreneurship In A Culture Of Unicorns. Melalui topik ini, pembicara akan mengulas tentang perkembangan dan digitalisasi UMKM lokal dan bagaimana cara untuk memajukan UMKM Indonesia.

Dilanjutkan oleh Nicoline Patricia Malina (Fotografer & Founder NPM Photography) dan Glenn Prasetya (Fotografer) dari ranah fotografi dengan topik Storytelling with Static Image. Creativepreneur juga menghadirkan Hans Saleh (Country Head dari Garena Indonesia) dan Ricky Setiawan (CEO & Founder of GGWP.ID PB Esports Indonesia) yang akan membahas topik Gaming and The New Opportunities melihat bagaimana dunia gaming berkembang sangat pesat dan memiliki banyak peminat di Indonesia.

BNI Creativepreneur Conference 2021 akan diramaikan oleh nama-nama besar dunia industri kreatif Indonesia seperti Elisa Suteja, Erwita Dianti, Bahari Chandra, Sitaresti Astarini, Robby Wahyudi, Marchella FP, dan Robinson Hasoloan yang mengisi panel di hari kedua, 10 April 2021. Mengangkat topik seputar kriya, gaming, kuliner, marketing, dan intellectual property. Tak hanya itu, Creativepreneur juga akan menghadirkan musisi lokal, Pamungkas.

Dengan menghadirkan 18 topik pilihan serta lebih dari 40 pembicara inspiratif, BNI Creativepreneur Conference akan dilaksanakan pada 9-11 April 202, jadi jangan lewatkan acara yang juga disponsori oleh BNI, ASUS Intel, tiket.com, dan OPPO ini.

Dapatkan inspirasi dan wawasan dari berbagai tokoh industri kreatif selama di 3 hari acara secara live di detikcom. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk bertanya langsung dengan pembicara secara interaktif di acara ini. (ncm/ega)