BNIcreativepreneur Digelar 9-11 April, Live di detikcom

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 17:00 WIB
BNIcreativepreneur Conference 2021
Foto: BNIcreativepreneur Conference 2021
Jakarta -

BNIcreativepreneur akan digelar pada 9-11 April mendatang. Chief of CXO CT Corp-Founder and CEO Creativepreneur Putri Tanjung mengatakan gelaran BNIcreativepreneur ini akan disiarkan langsung di detikcom.

BNIcreativepreneur mengusung tema 'Developing Sustainable Indonesia Through Creativity'. Dalam acara ini, para pelaku industri kreatif yang akan berbagi perspektif dan tips sukses, di antaranya; CEO Creative Experience Office CT Corp Putri Tanjung, Menteri Parekraf Sandiaga Uno, penulis generasi 90-an dan NKTCHI Marchella FP, Happy Salma, sutradara Angga Sasongko dan beberapa pelaku UMKM di Indonesia.

"Kita bikin acara BNIcreativepreneur conference, this is the biggest ever creativepreneur conference, karena kita walaupun virtual tapi akan tetap dekat dan bisa ditonton sama semua orang karena bakal live streaming di detikcom ini acaranya Jumat ini, Jumat, Sabtu, Minggu," kata Putri dalam konferensi virtual, Senin (5/4/2021).

BNIcreativepreneur ini akan menampilkan panel diskusi online dengan 40 pembicara yang membahas perkembangan industri kreatif di Indonesia dari pagi hingga malam hari ini. Secara keseluruhan, ada 19 sesi yang akan membahas berbagai isu menarik terkait 17 subsektor ekonomi kreatif mulai dari kuliner, seni pertunjukan, teknologi, design visual, arsitektur, sampai industri musik dan festival.

"Dari pagi sampai malam ada 40 pembicara ada 19 topik yang akan ngebahas setiap sub sektor di industri kreatif," kata Putri.

Tidak hanya sesi seminar, acara ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan Nadin Amizah, Hindia dan Pamungkas.

Putri Tanjung optimistis bahwa ekonomi kreatif akan menjadi pendorong penting perekonomian Indonesia. Acara yang digelar selama tiga hari itu, akan mendorong creativepreneur untuk mewujudkan mimpi mereka tahun ini.

Putri Tanjung berharap dengan adanya acara ini, dapat menginspirasi pelaku industri kreatif agar semakin inovatif. Selain itu juga Putri Tanjung juga ingin acara ini dapat menginspirasi kaum muda untuk ikut terjun langsung ke dunia industri kreatif.

"Insyaallah bisa menginspirasi lebih banyak lagi pelaku industri kreatif semakin inovatif dan juga semoga menginspirasi anak-anak muda untuk ikut terjun di industri kreatif kita," ungkapnya.

Putri Tanjung yakin masa pandemi ini tidak menyurutkan langkah para pelaku industri untuk tetap berkarya. Justru mereka semakin mencoba inovasi baru di tengah kesulitan ekonomi yang dihadapi saat ini.

"Malah sekarang kita tahu banget bahwa kita adalah pelaku industri kreatif yang menyatakan bahwa sebenarnya di masa pandemi ini mereka yang terus bergerak dan itu bisa, walaupun mereka kesulitan, mereka mencoba inovasi baru, mereka mencoba inovasi baru mereka bikin suatu baru," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan alasannya untuk berkolaborasi dalam acara BNIcreativepreneur ini. Pria yang akrab disapa Sandi ini menyebut acara itu dapat membangkitkan semangat pelaku industri kreatif.

"Creativepreneur ini masuk kategori yang membangkitkan semangat kita, karena tadi Mbak Putri sudah bilang this is the biggest creativepreneur conference dan ini akan diikuti dengan event-event lain," ucap Sandi.

Konsep creativepreneur dalam keadaan pandemi virus Corona (COVID-19) dapat menghasilkan terobosan baru bagi anak muda. Walaupun kata Sandi, saat ini Indonesia sedang berjuang di tengah kekhawatiran.

"Jadi menurut saya dalam konsep creativepreneur ini dalam keadaan pandemi sekarang kita untuk menghasilkan satu terobosan-terobosan, 2021 ini saya yakin walaupun mungkin ada ya kekhawatiran, vaksinasi lagi berjalan, testing tracing treatment juga lagi digenjot, pariwisata masih prihatin, tapi ada peluang-peluang," kata Sandi.

Sandi menyadari banyak ketidakpastian yang terjadi di industri ekonomi kreatif saat pandemi saat ini. Namun Sandi yakin para creativepreneur di 2021 dapat memberikan inovasi untuk mempercepat laju perekonomian yang kini sedang melambat.

"Di pandemi ini ekonomi kreatif ketidakpastiannya banyak, jadi mungkin acara ini bisa mengarahkan para creativepreneur di 2021, gimana 2021 outlooknya seperti apa. Jadi kita di Parekeraf akan kolaborasi, mudah-mudahan sektor ini bisa jadi lokomotif yang keluarin kita di tengah pandemi dan melambatnya ekonomi," tutur Sandi.

(hri/hri)