Pak Jokowi, Dewas KPK Menanti Pengganti Artidjo Alkostar yang Berpulang

Azhar Bagas - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 15:08 WIB
Ketua Dewan Pengawas KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean
Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean (Farih/detikcom)
Jakarta -

Salah satu anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Artidjo Alkostar, berpulang beberapa waktu lalu. Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK Tumpak H Panggabean menanti penunjukan pengganti Artidjo oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami dari Dewas menyampaikan itu ke Presiden, karena ditentukan oleh Presiden dan ditetapkan oleh Presiden dalam keppres. Itu sudah kami sampaikan," kata Tumpak dalam konferensi pers, Kamis (8/4/2021).

Tumpak mengaku pihaknya belum mendapatkan surat keputusan itu karena masih dalam proses. Tumpak pun belum mengetahui siapa calon yang akan menggantikan Artidjo kelak.

"Dan kita belum dapat surat keputusan itu dan tentunya masih sedang berproses di Sekretariat Negara. Saya sendiri belum tahu calon-calonnya, karena yang mengangkat dan memilih itu adalah Presiden," kata Tumpak.

"Memang kalau makin cepat makin baik, tapi kami kan nggak bisa mendesak-mendesak. Biarkan saja," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean mengaku sudah bersurat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera menunjuk pengganti Artidjo.

Tumpak meminta Jokowi menindaklanjuti surat itu. Dia berharap posisi anggota Dewas yang kosong bisa segera terisi.

"Untuk ini pada tanggal 2 (Maret) kami telah membuat surat kepada Bapak Presiden tentang kekosongan anggota Dewas," kata Tumpak dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/3).

"Berikutnya, kami mengharapkan Bapak Presiden untuk menunjuk anggota Dewas yang baru. Ini tentunya masih berlangsung dan kami masih menantikan hal itu," imbuhnya.

(mae/mae)