Top 5 News

Ekonomi Dunia Terburuk dalam 150 Tahun hingga Eksepsi HRS Ditolak

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 19:56 WIB
Top 5 News Yamaha
Foto: Top 5 News
Jakarta -

Pandemi COVID-19 menyebabkan runtuhnya perekonomian berbagai negara di dunia. Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengungkapkan buruknya kondisi perekonomian dunia saat ini merupakan yang terparah sejak 150 tahun terakhir.

Informasi lainnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur menolak eksepsi atau nota keberatan Habib Rizieq Shihab dalam kasus swab palsu di RS Ummi Bogor.

Selain dua berita di atas, ada beberapa informasi yang menjadi perbincangan hangat lainnya. Berikut ini Top 5 News edisi Rabu (7/4/2021).

1. Kondisi Ekonomi Dunia Terburuk dala 150 Tahun Terakhir

Sri Mulyani menjabarkan berbagai statistik menunjukkan pandemi COVID-19 memberi dampak yang luar biasa buruk bagi perekonomian dunia. Hal ini karena semua negara dipaksa untuk mengambil kebijakan di saat dampak pandemi tidak hanya dari sisi kesehatan saja tetapi juga perekonomian.

Akibat pandemi COVID-19, perekonomian 170 negara di dunia mengalami kontraksi, termasuk Indonesia. Namun, Sri Mulyani menyebut kontraksi ekonomi yang dialami Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara-negara lain, seperti Filipina mengalami kontraksi paling dalam mencapai 9,6%, Singapura kontraksi enam persen, dan Malaysia kontraksi 5,8%.

Baca Selengkapnya: Kondisi Buruk Perekonomian Dunia

2. Hakim Tolak Eksepsi Habib Rizieq di Kasus Swab Palsu RS Ummi

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) menolak nota keberatan atau eksepsi Habib Rizieq Shihab dalam perkara kasus Swab Palsu di RS Ummi Bogor, serta kasus kerumunan di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sidang berlanjut ke tahap pemeriksaan saksi.

Dengan ditolaknya eksepsi tersebut, sidang akan dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi. Majelis hakim memerintahkan kepada jaksa penuntut umum (JPU) untuk menghadirkan saksi.

Baca Selengkapnya: Hakim Tolak Eksepsi Habib Rizieq

3. Jalur Tikus Gubernur Papua Menuju Papua Nugini

Gubernur Papua Lukas Enembe mendapatkan teguran dari Kementerian Dalam Negeri akibat masuk ke Papua Nugini secara ilegal dengan alasan untuk berobat. Lukas masuk ke Negara Persemakmuran Inggris itu melalui jalur tikus.

Menurut warga, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Papua menuju Papua Nugini lewat jalur tikus Skouw-Wutung yang dilalui Lukas.

Baca Selengkapnya: Jalur Tikus Gubernur Papua Menuju Papua Nugini

4. Hotma Sitompul Tunjukkan Foto Desiree dengan Pria Lain

Hotma Sitompul memperlihatkan foto Desiree Tarigan bersama seorang pria dengan kepala pelontos. Hotma mengaku tak mau langsung menuduh Desiree selingkuh, melainkan ia hanya mempertanyakan soal pria tersebut.

Hotma Sitompul sudah mengingatkan Desiree Tarigan, sebagai ibu agar tidak bergaul seperti itu. Hanya saja, Desiree Tarigan selalu punya alasan sampai akhirnya pergi ke Bali. Hotma memastikan pria dalam foto tersebut tidak ada hubungan keluarga dengan Desiree.

Baca Selengkapnya: Hotma Sitompul Tunjukan Foto Desiree Tarigan dengan Pria Lain

5. Juara Kontes Kecantikan Sri Lanka Ribut di Panggung

Insiden mengejutkan terjadi di malam final kontes kecantikan Mrs Sri Lanka, Minggu (4/4). Mahkota Mrs Sri Lanka Pushpika De Silva dicopot dari kepalanya, beberapa saat setelah dia dinobatkan sebagai pemenang.

Sesaat setelah penobatan, pemenang tahun lalu yang kini menyandang gelar Mrs. World Caroline Jurie, tiba-tiba menginterupsi jalannya selebrasi kemenangan Pushpika De Silva.

Dia menyatakan kalau Pushpika tak pantas menang karena telah menyalahi aturan kontes. Caroline lalu melepaskan secara paksa mahkota di kepala Pushpika.

Baca Selengkapnya: Perseteruan Mrs. Sri Lanka



Simak Video "Top 5: Ekonomi Dunia 2020 Terburuk, Eksepsi Habib Rizieq Ditolak"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)