Palsukan Identitas untuk Buat KTP, WN Belanda di Maluku Ditangkap

Muslimin Abbas - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 19:30 WIB
Ilustrasi e-KTP
Ilustrasi (Andhika Prasetia/detikcom)
Ambon -

Polisi menangkap Goerge David Makatita, yang merupakan warga negara asing (WNA) asal Belanda keturunan Maluku, karena memalsukan identitas untuk mendapatkan KTP elektronik dan SIM. Polisi telah menetapkan WNA asal Belanda itu sebagai tersangka.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Kombes Pol Leo N Simanjuntak mengatakan Goerge David Makatita WNA asal Belanda masuk ke Indonesia pada 2013 sesuai dengan data imigrasi dan tidak memperpanjang dokumen akhirnya overstay.

"Berdasarkan data yang ada di imigrasi memang dikatakan 2013 dia (Goerge David Makatita) masuk ke Indonesia dan tidak pernah keluar, dipastikan overstay kan ada batas waktunya orang asing di sini," kata Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Kombes Pol Leo N Simanjuntak, Rabu (7/4/2021).

Lantaran overstay, Goerge David Makatita akhirnya berusaha memalsukan identitas dan kartu keluarga untuk memperoleh KTP. Setelah memperoleh KTP, Goerge David Makatita merasa seolah-oleh sudah menjadi warga Indonesia.

"Di celah-celah sekian lama (tinggal di Ambon) dia berusaha mempergunakan beberapa identitas sehingga akhirnya dia memperoleh KTP sehingga akhirnya seolah-olah dia warga Indonesia," jelasnya.

Terkait Goerge David Makatita apakah terlibat organisasi RMS (Republik Maluku Selatan), polisi masih melakukan penyidikan. Hingga saat ini barang bukti belum cukup terkait hal itu.

"Ada informasi seperti itu kami dalami terus ini keterkaitan itu, sampai saat ini alat bukti kami gunakan belum bisa mengarah ke RMS tapi malah mengarah penggunaan identitas palsu ini," kata dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2