Keluarga Korban Tragedi Semanggi Resmi Ajukan Kasasi ke Mahkamah Agung

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 10:48 WIB
Sumarsih
Ibu Korban Tragedi Semanggi I-II Sumarsih (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ibu korban tragedi Semanggi I-II, Sumarsih, resmi mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) terkait putusan PTTUN (Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara) Jakarta yang memenangkan gugatan banding Jaksa Agung. Mereka tidak ingin tragedi Semanggi tidak dianggap sebagai peristiwa pelanggaran HAM berat.

"Pada Senin, 5 April 2021, Ibu Sumarsih kembali mendatangi PTUN Jakarta untuk menyerahkan berkas memori kasasi atas Putusan PTTUN Jakarta yang telah mengabulkan memori banding Kejaksaan Agung," kata Sumarsih dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (7/4/2021).

Sumarsih berharap Mahkamah Agung (MA) dapat membatalkan putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN). Hal itu agar Jaksa Agung ST Burhanuddin dapat menyatakan kasus tragedi Trisaksi, Semanggi I dan Semanggi I merupakan pelanggaran HAM berat di hadapan DPR.

"Kasasi diajukan dengan permohonan agar Mahkamah Agung membatalkan putusan PTTUN dan mengabulkan gugatan korban agar perbuatan Jaksa Agung dinyatakan sebagai perbuatan melawan hukum dan dalam rapat kerja berikutnya Jaksa Agung harus menyatakan di depan DPR bahwa kasus TSS (Trisakti, Semanggi I, dan Semanggi II) merupakan pelanggaran HAM berat sebagaimana hasil penyelidikan Komnas HAM," ujarnya.

Berikut ini tuntutannya:

1. Mahkamah Agung dapat mengabulkan gugatan korban agar perbuatan Jaksa Agung dinyatakan sebagai perbuatan melawan hukum sehingga dalam rapat kerja berikutnya, Jaksa Agung harus menyatakan di depan DPR bahwa kasus TSS merupakan pelanggaran HAM berat

2. Jaksa Agung untuk mengaktifkan Satgas Penuntasan Pelanggaran HAM berat dan meneruskan berkas perkara Peristiwa Semanggi I dan II ke tahap penyidikan, dan

3. Presiden untuk menepati janji agar menyelesaikan pelanggaran berat HAM masa lalu dan memastikan keadilan bagi para korban.

Sumarsih berbicara sulitnya mencari keadilan di negeri ini, baca di halaman berikutnya..

Tonton juga Video: 22 Tahun Tragedi Semanggi, Keluarga Korban Tagih Janji Jokowi

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2