Sekolah Tatap Muka 2 Jam Saja, Siswa SDN Cipete Utara 15 Langsung Pulang

Rakha Arianto Darmawan - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 10:04 WIB
SDN Cipete Utara 15, Jaksel, menyelenggarakan uji coba pembelajaran tatap muka. (Rakha Ariyanto Darmawan/detikcom)
SDN Cipete Utara 15, Jaksel, menyelenggarakan uji coba pembelajaran tatap muka. (Rakha Ariyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah sekolah di Jakarta mengujicobakan pembelajaran tatap muka, salah satunya adalah SDN Cipete Utara 15, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Siswa pulang lebih awal tanpa terlebih dahulu nongkrong dengan teman-temannya.

Pantauan detikcom, Rabu (7/4/2021), pukul 09.00 WIB, murid-murid kelas V yang mengikuti sesi pertama sejak pukul 07.00 WIB mulai meninggalkan gedung sekolah. Sekolah tatap muka ini hanya berlangsung dua jam.

Para murid yang telah mengikuti sesi pertama pulang melewati gerbang belakang untuk menghindari kerumunan. Jalan untuk pulang lewat pintu gerbang belakang merupakan hasil arahan dari guru-guru saat di kelas.

Siswa pun tidak ada yang berkerumun. Tidak terlihat ada yang mengobrol satu sama lain, nongkrong, atau jajan. Mereka semua mengenakan masker.

SDN Cipete Utara 15 melanjutkan kegiatan belajar mengajar pada sesi kedua. Yang sebelumnya pada sesi pertama berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai 09.00 WIB.

"Sesi 1 dari jam 07.00 sampai 09.00, sesi 2 dari jam 09.30-11.30," ujar Kepala Sekolah SDN Cipete Utara 15 di lokasi, Tri Cahyadi.

Di area sekolah juga terpantau sepi dan tidak ada pedagang yang menjual jajanan. Para orang tua yang mengantar dan menjemput hanya diperbolehkan sampai di depan gerbang sekolah.

SDN Cipete Utara 15, Jaksel, menyelenggarakan uji coba pembelajaran tatap muka. (Rakha Ariyanto Darmawan/detikcom)SDN Cipete Utara 15, Jaksel, menyelenggarakan uji coba pembelajaran tatap muka. (Rakha Ariyanto Darmawan/detikcom)

Total ada 71 siswa di SDN Cipete Utara 15 yang mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka hari ini. Semuanya adalah murid kelas V.

"71 siswa itu dibagi 2 sesi juga. Total seluruh siswa dari kelas 4-5 ada 192. Yang tidak ikut pembelajaran tatap muka, tetap masuk melalui virtual tadi," tutur Tri.

Lihat juga Video: Banyak Wali Murid Ragu Sekolah Tatap Muka, Wagub Riza: Tak Kita Paksa

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/dnu)